Fakta-fakta SBY yang Idap Kanker Prostat

3 November 2021 8:32
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Fakta-fakta SBY yang Idap Kanker Prostat (66583)
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono saat groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Pacitan. Foto: Dok. Istimewa
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau akrab disapa SBY mengidap kanker prostat. SBY yang kini berusia 72 tahun bakal melakukan pemeriksaan dan perawatan di luar negeri.
ADVERTISEMENT
Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan.
"Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata Ossy.
Ossy menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.
Menurut dia, sesuai dengan kondisi kesehatan SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan SBY.
Ossy menjelaskan, Tim Dokter SBY sudah berkomunikasi dengan tim dokter rumah sakit negara sahabat tersebut. Mereka sepakat menangani SBY. Tim dokter negara tersebut juga telah berkomunikasi dengan SBY.
Fakta-fakta SBY yang Idap Kanker Prostat (66584)
zoom-in-whitePerbesar
Annisa Pohan unggah foto SBY di akun Instagramnya. Foto: Instagram/@annisayudhoyono

SBY Akan Jalani Perawatan di Amerika Serikat Selama 1,5 Bulan

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan SBY akan menjalani perawatan dan pengobatan di Amerika Serikat (AS) dan rencananya akan berangkat hari ini, Selasa (2/11).
ADVERTISEMENT
"Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini. Di Mayo di Minneapolis, itu khusus untuk cancer," kata Syarief.
Syarief mengatakan kemungkinan SBY akan berada di AS sekitar 1,5 bulan untuk menjalani perawatan. Selama perawatan, kata dia, anak serta menantu akan ikut mendampingi.
"Cukup lama sih ya, karena memerlukan check-up, kemudian perawatan, check-up lagi, kurang lebih 1,5 bulan. Insyaallah anak ikut dampingi," ucap Wakil Ketua MPR ini.
Menurut Syarief, selama ini sebenarnya kondisi kesehatan SBY dalam kondisi yang cukup prima. SBY, kata dia, masih sering menjalankan aktivitas seperti melukis hingga berolahraga.
"Beliau ngurus tim Lavani, beliau melukis, masih menulis, tentu olahraga, tapi itu lah aktivitas beliau cukup padat, sehingga dalam usia seperti ini tentunya memang harus diatur, jangan sampai kesehatannya menurun. Tapi secara totally, menurut pengecekan, check-up di RS beliau sangat baik kesehatannya, tidak ada yang terlalu banyak mengganggu, tapi harus ada tindak lanjut," lanjut dia.
ADVERTISEMENT
Dia pun menegaskan perawatan SBY tak akan mengganggu kerja politik Demokrat karena sudah diambil alih oleh Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Fakta-fakta SBY yang Idap Kanker Prostat (66585)
zoom-in-whitePerbesar
SBY dan Jokowi. Foto: Getty Images & kumparan

SBY Sudah Hubungi Jokowi

Ossy Dermawan, mengatakan, SBY sudah menelepon Presiden Jokowi untuk memberi tahu penyakitnya.
"Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri," kata Ossy.
Ossy mengatakan, Jokowi meminta satu anggota tim dokter kepresidenan untuk mendampingi SBY dalam perawatan tersebut.
"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," ujar dia.
Lebih lanjut, Ossy mengatakan, SBY tetap beraktivitas setelah divonis mengidap kanker prostat stadium awal.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
"Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bola voli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain," jelas dia.
Fakta-fakta SBY yang Idap Kanker Prostat (66586)
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO

AHY Harap Pengobatan di AS Berjalan Lancar

AHY mengucapkan terima kasih atas doa dan simpati yang disampaikan bagi SBY.
"Atas nama keluarga besar Yudhoyono, saya mengucapkan terima kasih atas doa & simpati atas kondisi kesehatan ayahanda kami tercinta, Bapak SBY," kata AHY.
Putra sulung SBY ini berharap agar pengobatan sang ayah berjalan lancar. Sehingga SBY dapat kembali pulih seperti sedia kala.
"Semoga ikhtiar pengobatan beliau berjalan lancar, sehingga bisa kembali pulih seperti sedia kala. Terima kasih," tutup AHY.
Fakta-fakta SBY yang Idap Kanker Prostat (66587)
zoom-in-whitePerbesar
Annisa Pohan unggah foto SBY di akun Instagramnya. Foto: Instagram/@annisayudhoyono

SBY Sempat Ziarah ke Makam Ani Yudhoyono

Salah satu menantu SBY sekaligus istri dari putra pertama SBY, AHY, Annisa Pohan, berharap pengobatan SBY di AS berjalan lancar.
ADVERTISEMENT
"We Love you Pepo! Semoga lancar perjalanan dan perawatannya," tulis Annisa.
Annisa membagikan dua foto dirinya bersama SBY. Menurutnya, foto itu diambil hari Minggu (31/10) kemarin saat mereka ziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata.
SBY sengaja berziarah sebelum bertolak ke Amerika Serikat untuk berobat.
"Foto terakhir hari Minggu kemarin, ziarah ke makam Memo sebelum hari ini Pepo berangkat," tulis dia.
Lebih lanjut, Annisa juga mendoakan agar SBY segera diberikan kesembuhan.
"Mohon doa kesembuhan untuk Pepo “Susilo Bambang Yudhoyono Bin Soekotjo”: Allaahumma robban-naas, mudz-hibal baas, isyfi, antasy-syaafii, laa syaafiya illaa anta, syifaa-an laa yughoodiru saqoman," tulis Annisa.
"Ya Allah, Rabb seluruh manusia, yang menghilangkan kesusahan, sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada yang menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain," tutup dia.
Fakta-fakta SBY yang Idap Kanker Prostat (66588)
zoom-in-whitePerbesar
Andi Mallarangeng berfoto usai melepas SBY ke Bandara. Foto: Instagram.com/andi_a_mallarangeng/

Elite Demokrat Antar SBY ke Bandara untuk Berobat ke AS

SBY berangkat dari kediamannya di Cikeas, Bogor. Jelang keberangkatan menuju AS, beberapa politikus Demokrat ramai-ramai menyambangi kediaman SBY.
ADVERTISEMENT
Mereka adalah Andi Mallarangeng, Rachland Nashidik hingga Andi Arief. Terlihat mereka tetap mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker.
Rachland menuturkan, dirinya sempat berbincang dengan SBY sebelum berangkat ke bandara. Ia juga sempat makan siang bersama.
"Kami tadi sempat makan siang bersama. Pak SBY menyampaikan niatnya melukis dalam masa pemulihan pascaoperasi nanti," tulis Rachland.
"Lalu kami berdoa bagi kelancaran operasi dan kepulihan beliau. Mohon juga doa kawan-kawan. Amin," tambah dia.
Sementara Andi Mallarangeng mendoakan agar SBY segera diberikan kesehatan selama menjalani perawatan di AS.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020