News
·
5 Mei 2021 17:45

Firli Bahuri: Kami Sayangkan Ada Pihak Bocorkan Info Tes Wawasan Kebangsaan KPK

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Firli Bahuri: Kami Sayangkan Ada Pihak Bocorkan Info Tes Wawasan Kebangsaan KPK (297549)
Ketua KPK Firli Bahuri saat Penyerahan Hasil Asesmen Tes TWK Pegawai KPK di Kantor Kementerian PANRB, Selasa (27/4). Foto: Dok. KemenPAN RB
Ketua KPK Komjen Firli Bahuri menyayangkan bocornya informasi hasil tes asesmen wawasan kebangsaan pegawai KPK. Ia menyebut ada pihak yang tidak bertanggung jawab membocorkan informasi tersebut.
ADVERTISEMENT
"Saya dan kami semua insan KPK menyayangkan ada pihak-pihak yang mengambil suatu sikap dan menjadikan korban pihak yang memiliki informasi, dan membocorkan informasi tanpa menunggu pengumuman resmi dari KPK yang sama-sama kita cintai," kata Firli dalam konferensi pers di Gedung KPK, Rabu (5/5).
Diketahui tes ini merupakan salah satu syarat agar pegawai KPK beralih status menjadi ASN. Sebelum diumumkan pada hari ini, informasi adanya pegawai KPK yang tak lolos tes tersebut beredar luas.
"KPK adalah lembaga pemberantasan korupsi. Tidak akan KPK sekali pun mengambil contoh dari pencuri informasi, KPK tidak bisa memberikan sekadar bocoran, karena sebagai lembaga negara KPK memiliki etika kerja, etika lembaga, karena itu sore ini kami sampaikan tes wawasan kebangsaan," ucapnya.
Firli Bahuri: Kami Sayangkan Ada Pihak Bocorkan Info Tes Wawasan Kebangsaan KPK (297550)
Ilustrasi KPK. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Sebelumnya, Firli sempat menyatakan bahwa hasil tes wawasan kebangsaan itu telah diterima oleh KPK pada 27 April 2021 lalu. Hasil tersebut dinyatakan masih tersegel hingga tanggal 3 Mei 2021.
ADVERTISEMENT
Bersamaan dengan adanya hasil tes tersebut, berembus kabar bahwa para pegawai yang tidak lolos akan diberhentikan. Nama-nama pegawai senior KPK seperti Novel Baswedan disebut masuk dalam daftar tidak lolos itu.
****
Saksikan video menarik di bawah ini: