kumparan
search-gray
News24 Mei 2020 11:24

Foto: Pelaksanaan Salat Id di Pelabuhan Sunda Kelapa Ditiadakan

Konten Redaksi kumparan
salat id di Sunda Kelapa
Sejumlah umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah (Lebaran 2019). Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Perbandingan Umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri 1440 Hijriah (Lebaran 2019) dan suasana sesudah ditiadakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Minggu (24/5/2020).
ADVERTISEMENT
Pemerintah mengimbau pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah untuk dilaksanakan di rumah guna mencegah penyebaran COVID-19 dan memaksimalkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengimbau warganya untuk melaksanakan takbir dan salat Idul Fitri di rumah. Imbauan ini bertujuan untuk menghindari keramaian.
Anies mengatakan, warga yang ingin takbiran dapat dipandu lewat pengeras suara dari petugas masjid. Hal itu dapat dilakukan oleh 5 orang di masjid setempat.
“Pesan ketiga kita laksanakan takbir dan salah Idul Fitri di rumah masing-masing,” kata Anies di Balai Jota, Jakarta Pusat, Jumat (22/5).
Menurut Anies, takbiran juga bisa dilakukan di level keluarga. Bagi keluarga yang ingin melakukan takbiran di rumah bisa dipandu orang tua. Hal itu juga tidak akan mengurangi nilai ibadah saat Lebaran.
ADVERTISEMENT
“Rumah kita jadi tempat orang tua pimpin pandu keluarga gaungkan kalimat takbir insyaallah rumah kita jadi tempat bertakbir yang mengesankan bagi kita semua,” ujar Anies.
Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan 7 seruan kepada umat muslim yang merayakan Lebaran. Salah satunya soal salat Idul Fitri.
Fachrul menyebut, salat Idul Fitri yang biasanya dilakukan di masjid dan lapangan kali ini diminta untuk tidak digelar. Nantinya, masyarakat bisa melaksanakan salat di rumah masing-masing.
"Kami imbau keras Salat Id di rumah saja dengan keluarga inti. [salat Id] ini sunah. Tapi sunah muakad artinya sunah yang sangat dianjurkan," kata Fachrul Razi dalam konferensi persnya di akun youtube BNPB, Kamis (21/5).
salat id di Sunda Kelapa
Foto kolase sejumlah umat Islam akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah (kiri) dan suasana sesudah ditiadakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
salat id di Sunda Kelapa
Foto kolase sejumlah umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri 1440 Hijriah (kiri) dan suasana sesudah ditiadakan shalat Idul Firth 1441 Hijriah. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
salat id di Sunda Kelapa
Foto kolase sejumlah umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah (kiri) dan suasana sesudah ditiadakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
salat id di Sunda Kelapa
Foto kolase sejumlah umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah (kiri) dan suasana sesudah ditiadakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT
----
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white