Foto: Petani Asal Gaza Temukan Mosaik Era Bizantium

18 September 2022 23:45
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Petani asal Palestina, Salman al-Nabahin, menemukan mosaik era Bizantium yang menunjukkan berbagai burung berwarna-warni dan hewan lainnya di Jalur Gaza.
ADVERTISEMENT
Nabahin menemukan mosaik tersebut saat mencoba menanam pohon baru di tanahnya.
Mencoba mencari tahu mengapa beberapa pohon tidak berakar dengan baik, Nabahin mengatakan dia dan putranya mulai menggali. Kemudian kapak putranya mengenai sesuatu yang keras dan penampilannya tidak biasa.
"Saya mencari di internet, Kami mengetahui bahwa itu adalah mosaik milik era Bizantium," kata ayah tujuh anak tersebut.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Petani Palestina Salman al-Nabahin membersihkan lantai mosaik berasal dari era Bizantium  di Jalur Gaza. Foto: Ibraheem Abu Mustafa/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Petani Palestina Salman al-Nabahin membersihkan lantai mosaik berasal dari era Bizantium di Jalur Gaza. Foto: Ibraheem Abu Mustafa/REUTERS
"Saya melihatnya sebagai harta karun, lebih berharga daripada harta karun. Itu bukan milik pribadi, itu milik setiap orang Palestina," katanya.
Kementerian Pariwisata dan Purbakala Palestina mengatakan lantai itu mencakup beberapa panel mosaik yang menggambarkan hewan dan fitur kehidupan sosial lainnya selama era Bizantium.
Gaza kaya dengan barang antik, telah menjadi tempat perdagangan penting bagi peradaban yang berasal dari Mesir kuno dan Filistin yang digambarkan dalam Alkitab, hingga kekaisaran Romawi dan perang salib.
ADVERTISEMENT
***
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·