News
·
23 Juni 2021 6:00
·
waktu baca 1 menit

Foto: Ritual Adat Menyambut Tahun Baru Aymara di Bolivia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Foto: Ritual Adat Menyambut Tahun Baru Aymara di Bolivia (731974)
searchPerbesar
Seorang wanita memegang bendera nasional Bolivia saat upacara leluhur untuk merayakan Tahun Baru Aymara, di Tiwanaku, Bolivia, Senin (21/6). Foto: Claudia Morales/REUTERS
Saat fajar menyingsing di situs arkeologi Tiwanaku di Bolivia pada Senin (21/6), penduduk asli Aymara mengangkat tangan mereka ke arah sinar pertama matahari pagi untuk menyambut Tahun Baru Aymara, 5529.
ADVERTISEMENT
Ritual adat dimulai saat fajar dalam suhu dingin saat para pengikut menghangat sinar pertama matahari titik balik matahari musim dingin.
Perayaan berlangsung di tengah reruntuhan kota kuno Tiwanaku, dengan monumen keagamaan seperti Piramida Akapana dan monolit Ponce.
Foto: Ritual Adat Menyambut Tahun Baru Aymara di Bolivia (731975)
searchPerbesar
Presiden Bolivia Luis Arce mengangkat tangannya saat upacara leluhur untuk merayakan Tahun Baru Aymara, di Tiwanaku, Bolivia, Senin (21/6). Foto: Claudia Morales/REUTERS
Aymara percaya Al Tata Inti, 'Bapa Matahari', memberikan kehangatannya ke Bumi pada Tahun Baru, menandai awal musim semi.
Menurut kepercayaan penduduk asli setempat, titik balik matahari juga menandai tahun baru, yaitu tahun 5529.
Perhitungan tahun 5529 merupakan hasil penjumlahan dari lima siklus, yang masing-masing berlangsung selama seribu tahun dari sejarah sosial masyarakat asli sampai kedatangan Christopher Columbus di Abya Yala (Amerika sekarang) pada tahun 1492.
5.000 tahun itu ditambah 529 tahun kedatangan orang Spanyol total 5.529 tahun.
ADVERTISEMENT
***