News
·
17 November 2020 12:33

Francisco Sagasti Dipilih Jadi Presiden Ketiga Peru dalam Sepekan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Francisco Sagasti Dipilih Jadi Presiden Ketiga Peru dalam Sepekan (17901)
Presiden baru Peru, Francisco Sagasti. Foto: Peruvian Congress/Handout via REUTERS
Kongres Peru memilih Francisco Sagasti sebagai presiden baru. Anggota parlemen itu adalah kepala negara ketiga Peru dalam sepekan terakhir.
ADVERTISEMENT
Sagasti pada Senin (16/11) memenangi pemungutan suara di parlemen untuk memimpin Peru. Dia akan bertugas sebagai presiden sampai pemilu April 2021 mendatang.
Pria 76 tahun itu menggantikan posisi Manuel Merino yang mundur di hari yang sama usai enam hari memerintah. Sementara Merino menggantikan posisi Martin Vizcarra yang dimakzulkan parlemen pekan lalu.
Francisco Sagasti Dipilih Jadi Presiden Ketiga Peru dalam Sepekan (17902)
Presiden baru Peru, Francisco Sagasti. Foto: REUTERS/Sebastian Castaneda
Seusai terpilih, Sagasti langsung berjanji bekerja sebaik mungkin untuk mengembalikan kondisi Peru.
“Hari ini bukan hari untuk perayaan,” ucap Sagasti seperti dikutip dari Reuters.
“Apa yang hilang dari negara kami adalah momen untuk percaya diri. Percaya kami akan bertindak sesuai dengan apa yang kami ucapkan,” sambung dia.
Sejak Vizcarra dimakzulkan, kondisi politik dan keamanan Peru berubah mencekam. Vizcarra dimakzulkan karena dugaan korupsi yang dibantahnya.
ADVERTISEMENT
Hampir setiap hari usai Vizcarra dimakzulkan, demo besar selalu terjadi di Peru. Pada hari Minggu (15//11) demo damai berubah bentrok.
Polisi bertindak represif menyebabkan dua demonstran tewas. Munculnya korban jiwa dalam demo memicu kongres meminta presiden pengganti Vizcarra, Manuel Merino, meletakkan jabatan yang digenggamnya belum genap sepekan.