News28 Juli 2020 15:28

Ganjar Libatkan Antropolog hingga Agamawan Tangani Warga yang Tak Percaya Corona

Konten Redaksi kumparan
Ganjar Libatkan Antropolog hingga Agamawan Tangani Warga yang Tak Percaya Corona (152600)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai rapat evaluasi di Gedung B lantai 5 komplek kantor Gubernur Jateng. Foto: Afiati Tsalitsati/Kumparan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melibatkan antropolog hingga agamawan untuk mendisiplinkan masyarakat yang masih belum taat penerapan protokol kesehatan.
ADVERTISEMENT
Hal itu disampaikan Ganjar dalam acara diskusi yang ditayangkan di akun YouTube Sindonews. Ganjar terlebih dulu menjelaskan bahwa di wilayahnya ada total 7.809 desa dan penerapan program Jogo Tonggo.
“Nah dari desa itu, di samping kadesnya sendiri bekerja, kita dorong, kita punya program Jogo Tonggo,” kata Ganjar, Selasa (28/7).
“Nah Jogo Tonggo itu bagian dari bagaimana cara kita mengelompokkan lalu mengorganisasikan. Levelnya di level RW, tapi komunitas yang dilibatkan adalah mereka (PKK hingga Posyandu),” imbuhnya.
Namun, kata Ganjar, di masyarakat terdapat dua kelompok. Satu yang tidak percaya akan bahaya corona dan yang percaya serta komitmen saling menjaga.
“Satu yang ngeyel. Karena ngeyel-nya minta ampun, maka dia menganggap tidak ada COVID, ini berat. Maka ini harus dengan cara-cara antropolog, sosiolog, budayawan, agamawan saya minta untuk masuk (dalam program Jogo Tonggo),” kata Ganjar.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk masyarakat yang sudah disiplin dan komitmen menjalankan protokol kesehatan, kata Ganjar, juga mesti terlibat dalam sosialisasi ke lingkungannya.
“Nah kemudian ada yang memang masyarakat punya komitmen bahwa ini (COVID-19) bahaya, itu sudah meninggal yang itu juga kena dan mereka juga bingung, maka kita mesti menjaga. Nah mereka yang bersepakat seperti ini lah yang kita minta untuk melakukan sosialiasi di desa-desa,” tegas Ganjar.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white