kumparan
search-gray
Politik25 Mei 2018 20:04

Gatot Optimistis Pelibatan TNI Bisa Efektifkan Pemberantasan Terorisme

Konten Redaksi kumparan
Gatot Optimistis Pelibatan TNI Bisa Efektifkan Pemberantasan Terorisme (846472)
Gatot Nurmantyo (Foto: Prabarini Kartika/kumparan)
UU Antiterorisme menegaskan kembali pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme. Bahkan, pemerintah tengah bersiap membentuk Koopssusgab untuk ikut terlibat dalam operasi pemberantasan terorisme. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo optimistis hal tersebut bisa membuat upaya memberantas terorisme lebih efektif.
ADVERTISEMENT
"Saya yakin (lebih efektif) karena sudah dibuat dengan seksama. Kemudian, semua juga aklamasi, baik pemerintah ataupun DPR. Dan DPR juga yang ikut visioner, jadi saya yakin bisa," ucap Gatot kediaman Fahri Hamzah, Jalan Asia Afrika, Jakarta, Jumat (25/5).
Memang, lanjut dia, TNI baru bisa benar-benar terlibat setelah ada Perpres yang mengatur hal tersebut. Ia juga menegaskan TNI akan patuh dengan apapun yang diperintahkan dalam hukum.
"Jadi hukum menentukan apapun juga, TNI pasti loyal terhadap hukum. Karena Panglima tertingginya adalah hukum. Itu zamannya saya, sekarang juga tetap itu," tegasnya.
Ia juga menilai masuknya TNI dalam pemberantasan terorisme sebagai langkah yang baik. Sebab, masalah terorisme sebenarnya tidak hanya dibebankan kepada Polri saja, tetapi juga TNI dan seluruh komponen masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Kita ini punya potensi ketahanan nasional dari seluruh komponen bangsa. Rakyat-rakyat ini semua jagoan, enggak takut mati. Orang Indonesia itu punya gen ksatria dan patriot. Kalau itu dimanfaatkan, selesai sudah. Hanya selama ini tidak dimanfaatkan," tandasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white