News
·
3 April 2021 4:55

Gedung Kongres AS Capitol Diserang, Joe Biden Berduka

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gedung Kongres AS Capitol Diserang, Joe Biden Berduka (10274)
Presiden AS Joe Biden mengunjungi pusat vaksin COVID-19 di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, di Bethesda, Maryland, AS, Jumat (29/1). Foto: Alex Brandon/AP Photo
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan ibu negara Jill Biden mengungkapkan kesedihannya atas insiden penyerangan barikade polisi di Gedung Capitol, Washinton, DC. Diketahui, atas insiden tersebut satu orang polisi bernama William Evans tewas akibat luka yang ia terima.
ADVERTISEMENT
"Jill dan saya sangat sedih mengetahui serangan kekerasan di sebuah pos pemeriksaan keamanan di halaman Capitol AS, yang menewaskan Petugas William Evans dari Kepolisian Capitol AS, dan meninggalkan seorang rekan perwira yang berjuang untuk hidupnya," kata Biden dikutip dari AFP, Sabtu (3/4).
Satu orang rekan Willam Evans saat ini tengah dirawat di rumah sakit akibat serangan tersebut. Sementara, pengendara mobil tewas ditembak polisi usai menabrakan mobilnya ke arah barikade dan keluar dengan menenteng pisau.
"Kami kirimkan belasungkawa yang tulus kepada keluarga petugas Evans dan semua orang yang berduka atas kehilangannya," ucap Biden.
Gedung Kongres AS Capitol Diserang, Joe Biden Berduka (10275)
Gedung Capitol terlihat melalui pagar ketika anggota Garda Nasional mengamankan daerah itu menjelang pelantikan Presiden terpilih AS Joe Biden, di Washington, AS, Sabtu (16/1). Foto: Eduardo Munoz/REUTERS
Sebelumnya, sebuah mobil sedan berkelir biru tua menabrak barikade polisi di sisi utara Gedung Capitol. Mobil tersebut menghantam dua petugas kepolisian yang berjaga. Seusai kejadian terlihat ambulans dan helikopter datang ke lokasi untuk mengevakuasi korban.
ADVERTISEMENT
Insiden ini terjadi di tengah pengamanan yang ketat diberlakukan di Capitol AS, usai penyerangan terjadi pada 6 Januari lalu oleh para pendukung mantan presiden Donald Trump. Saat itu, lima orang termasuk petugas kepolisian tewas.
Gedung Capitol merupakan kantor Kongres AS yang terdiri dari DPR dan Senat. Di Capitol UU diperdebatkan dan diputuskan. Tempat ini juga digunakan untuk sejumlah kegiatan penting, salah satunya pelantikan presiden AS.