kumparan
search-gray
News25 Mei 2020 11:30

Gempa Mengguncang di Tengah Wawancara, PM Selandia Baru Santai dan Senyum

Konten Redaksi kumparan
PTR-Jacinda Ardern
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. Foto: Jacinda Ardern via REUTERS
Gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Selandia Baru. Namun, guncangan tak bisa menghentikan wawancara virtual yang sedang dilakukan Perdana Menteri Jacinda Ardern.
ADVERTISEMENT
Pada pukul 08.00 pagi waktu Selandia Baru, gempa bumi mengguncang sebagian besar wilayah North Island. Gempa berkedalaman 52 kilometer itu berpusat dekat Levin atau 90 kilometer utara ibu kota Wellington.
Menurut keterangan kepolisian Selandia Baru, lindu tidak menelan korban jiwa/luka dan kerusakan. Gempa juga tak memicu tsunami.
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. Foto: AFP/DAVID LINTOTT
Hanya saja, guncangan gempa begitu terasa di Wellington termasuk gedung parlemen. Saat itu, Ardern sedang berada di gedung parlemen untuk melayani wawancara virtual bersama program AM Show.
Ketika gempa mengguncang gedung parlemen, Ardern mengakui begitu merasakannya. Namun, ia nampak menghadapi guncangan dengan santai.
"Kita sedang merasakan sedikit gempa di sini, Ryan," kata Ardern kepada presenter AM Show Ryan Bridge, seperti dikutip dari AFP.
ADVERTISEMENT
Mendengar perkataan Ardern dan merasakan guncangan masih berlanjut, Ryan terlihat mulai khawatir. Tapi tidak dengan Ardern, dengan santai ia malah lanjut mengomentari gempa yang dirasakannya.
"Jika kamu lihat benda-benda di belakang saya bergerak, cukup kencang ya guncangannya," sebut Ardern sembari tersenyum.
"Nah, baru saja berhenti, kita baik-baik saja, saya tidak di berada di bawah lampu gantung, kami berada di tempat yang fondasinya kokoh," jelas Ardern.
Selandia Baru terletak di jalur cincin api cekungan pasifik. Oleh karena itu, lempengan tektonik di wilayah dekat Selandia Baru kerap bertabrakan.
Tiap tiap tahunnya terhitung ada 15 ribu gempa terjadi di Negeri Kiwi. Sebanyak 100-150 gempa berkekuatan cukup besar.
Sementara untuk gempa Senin (25/5) ini, lembaga pemantau seismik Selandia Baru melaporkan terjadinya 40 gempa susulan berkekuatan kecil.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white