Gencarkan Serangan ke Gaza, Jet Israel Bombardir Sekitar RS Indonesia

28 Oktober 2023 5:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
Asap mengepul setelah serangan Israel, di Kota Gaza, Rabu (11/10/2023). Foto: Saleh Salem/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Asap mengepul setelah serangan Israel, di Kota Gaza, Rabu (11/10/2023). Foto: Saleh Salem/REUTERS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Media Al Jazeera, melaporkan adanya serangan brutal yang dilancarkan jet Israel di sekitar Rumah Sakit Indonesia dan RS Al-Shifa, Sabtu (28/10) dini hari waktu setempat. Pekan lalu, pesawat tempur Israel juga sempat membombardir area sekitar tiga rumah sakit di Jalur Gaza, termasuk RS Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sidang Umum PBB sebenarnya telah sepakat mendesak dilakukannya gencatan senjata kemanusiaan di Jalur Gaza. Keputusan ini diambil dengan cara voting dan disetujui oleh 120 suara; sedangkan 45 suara lainnya abstain; dan 14 sisanya termasuk Israel dan Amerika Serikat menolak.
Di saat yang sama, Israel juga baru saja memperluas operasi darat mereka di Jalur Gaza. Kilatan cahaya jingga terus menerangi malam di Kota Gaza ketika serangan udara satu per satu menghantam wilayah yang sudah hancur itu.
Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza gelap gulita karena bahan bakar habis, Senin (23/10/2023) malam. Foto: X/@WAFANewsEnglish
Kelompok Hamas menyebut Israel telah menggandakan serangan udara mereka ke Jalur Gaza pada Jumat malam, setelah seruan gencatan senjata dari Majelis Umum PBB dikeluarkan.
Akibat serangan brutal dari Israel itu, kini seluruh jaringan internet dan komunikasi di Jalur Gaza mati total. Tak hanya kehilangan akses terhadap makanan, air, hingga listrik dan bahan bakar, kini masyarakat sipil di Jalur Gaza juga terputus komunikasinya dengan dunia luar.
ADVERTISEMENT
"Kami benar-benar kehilangan kontak dengan ruang operasi di Jalur Gaza dan semua tim kami yang beroperasi di sana," tulis Bulan Sabit Merah Palestina yang menyebut layanan ambulans mereka ikut terganggu.
Dalam video yang diunggah sebuah akun Youtube yang menyiarkan secara langsung kondisi di Gaza saat ini, suara dentuman terus terdengar. Selain itu terdengar dengan jelas pula suara pesawat dan helikopter yang lalu lalang.