kumparan
6 Juni 2018 18:24

Gerindra: Rizieq Tak Sampaikan Dukungan ke Prabowo, Tapi Mendoakan

Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani
Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengunjungi kediaman Rizieq Syihab saat menjalankan ibadah umrah. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani membeberkan isi pembicaraan antara elite politik dengan imam besar FPI itu.
ADVERTISEMENT
Menurut Muzani, pertemuan tersebut memang tidak direncakanan. Prabowo, kata dia, saat di Eropa, mendengar bahwa Amien akan umrah dan menemui Rizieq. Atas dasar itu, Muzani mengungkapkan, Prabowo bersedia untuk ikut bersama rombongan umrah menemui Rizieq di Mekah.
“Mumpung Pak Prabowo di Makkah kemudian menyempatkan untuk bersilaturahmi menjenguk kawan, yang Pak Prabowo merasa (Rizieq sosok yang) memiliki umat, memiliki pengikut dan dia dalam pengasingan karena dizalimi. Sehingga Pak Prabowo merasa perlu menjenguk, memperkuat moril yang bersangkutan,” ujar Muzani di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/6).
Muzani tak menampik bahwa langkah Prabowo menemui Rizieq bersama Amien saat umrah itu sebagai langkah politik guna menggalang kekuatan dan dukungan untuk bisa memenangi Pilpres 2019.
ADVERTISEMENT
Amien Rais, Prabowo bersama Habib Rizieq di Makkah
Amien Rais, Prabowo bersama Habib Rizieq di Makkah (Foto: Instagram @amienraisofficial)
Namun, Muzani menyebut, secara lisan Rizieq tidak memberi pernyataan dukungan terhadap Prabowo sebagai capres.
“Pernyataan (dukungan) dalam arti vokal yang diucapkan Pak Prabowo tidak mendengar itu. Dalam pertemuan itu tidak (ada dukungan ke Prabowo), tapi bahwa kemudian mendoakan, iya beliau (Rizieq) mendoakan,” kata Muzani.
Meski begitu, Gerindra menilai bahwa Rizieq merupakan sosok yang memiliki pengaruh dalam memberikan kontribusi dan solusi terhadap masalah-masalah bangsa.
“Pak Prabowo menceritakan kepada saya, sama sekali tidak diomongkan (soal dukung mendukung). Tapi saya kira yang terjadi adalah bagaimana misalnya Habib Rizieq bisa memberi kontribusi terhadap problem dan masalah yang dihadapi bangsa dan tentu saja Habib Rizieq mendoakan agar solisi masalah bangsa ini bisa selesai,” tutupnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, dukungan Rizieq Syihab untuk Prabowo disampaikan oleh Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan