kumparan
search-gray
News13 April 2020 16:33

Gotong Royong Libas Corona: 20 Ribu Relawan, Donasi Rp 196 Miliar

Konten Redaksi kumparan
Gotong Royong Libas Corona: 20 Ribu Relawan, Donasi Rp 196 Miliar  (214)
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (18/3). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Pemerintah mencatat kini sudah ada 20 ribu relawan yang terdata untuk penanganan penyebaran virus corona. Sementara itu, donasi yang terkumpul telah mencapai Rp 196 miliar.
ADVERTISEMENT
"Lebih dari 20 ribu relawan merespons dan bergabung di tingkat nasional dan daerah. Donasi lebih dari Rp 196 miliar telah diterima," kata juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, saat jumpa pers di kantor BNPB, Jakarta, Senin (13/4).
Ia menilai banyaknya relawan dan donasi itu merupakan gambaran adanya gotong royong dalam penanganan COVID-19. Yuri mengatakan saat ini sifat gotong royong bangsa Indonesia sedang diuji.
Gotong Royong Libas Corona: 20 Ribu Relawan, Donasi Rp 196 Miliar  (215)
Petugas Ambulans Puskesmas Kebayoran Baru, bersiap membawa pasien yang diduga terkena virus Corona di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
"Terima kasih masyarakat Indonesia, di mana pun, di seluruh dunia. Anda telah menunjukkan ke dunia bahwa gotong royong adalah budaya kita, karena sifat gotong royong kita sedang diuji," ucapnya.
Yuri pun meminta masyarakat tidak panik dan mencari informasi terkait penyebaran virus corona dari sumber terpercaya. Dengan begitu, kata dia, diharapkan masyarakat bisa mengambil sikap yang tepat.
ADVERTISEMENT
"Dapatkan informasi yang benar agar kita bisa ambil sikap yang benar dan tidak panik," ucapnya.
Per Senin (13/4), jumlah pasien positif virus corona di Indonesia telah mencapai 4.557 orang. Dari jumlah itu tercatat 380 pasien sembuh dan 399 lainnya meninggal dunia.
--------
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white