News
·
18 Agustus 2018 1:12

Gubernur Riau Instruksikan Kerahkan Kekuatan Penuh Tangani Karhutla

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gubernur Riau Instruksikan Kerahkan Kekuatan Penuh Tangani Karhutla (938246)
searchPerbesar
Karhutla di 3 Wilayah (Foto: Dok. BNPB)
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menginstruksikan untuk mengerahkan kekuatan penuh guna menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kembali marak dalam sepekan terakhir.
ADVERTISEMENT
"Kita terus bekerja dengan keras. Kita semua kerja keras. Ini bukan hanya instruksi, (Tapi) semua sudah turun ke bawah (melakukan penanggulangan)," kata Gubernur yang akrab disapa Andi, seperti dilansir Antara, Jumat (17/8).
Andi menjelaskan, saat ini seluruh pihak yang tergabung dalam satuan tugas penanggulangan Karhutla mulai dari tingkat Provinsi sampai tingkat desa terus bekerjasama melakukan pemadaman. Terutama wilayah pesisir Riau yang mengalami kebakaran hingga mencapai lebih dari 1.000 hektare sejak akhir pekan lalu.
Menurut Andi, upaya tersebut dilakukan untuk terus menekan angka Karhutla demi menyambut pagelaran olahraga Asian Games di Palembang dan Jakarta. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya bagi Riau untuk tidak lagi menjadi 'eksportir' asap, seperti yang terjadi dua tahun lalu.
ADVERTISEMENT
"Kita perlu jaga hubungan baik. Secara regional dan internasional. Dan kita juga ada event internasional, Asian Games," katanya.
Gubernur Riau Instruksikan Kerahkan Kekuatan Penuh Tangani Karhutla (938247)
searchPerbesar
Petugas gabungan dari BPBD Kab Ogan Ilir (OI), Manggala Agni Daops Banyuasin, TNI dan Polri melakukan pemadaman kebakaran lahan di Pulau Semambu, Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Jumat (27/7). (Foto: Antara/Nova Wahyudi)
Lebih jauh, ia juga menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk dapat segera memberikan bantuan kesehatan kepada korban kabut asap akibat Karhutla di wilayah Rokan Hilir dan Dumai.
"Kita minta Dinas Kesehatan Provinsi koordinasi dengan kabupaten kota yang masyarakat terdampak (kabut asap)," tuturnya.
Wilayah pesisir Riau seperti Rokan Hilir, Dumai dan Bengkalis serta Siak mengalami kebakaran hebat dalam sepekan terakhir. Diperkirakan lebih dari 1.000 hektare lahan di wilayah tersebut terbakar. Seperti yang terjadi di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, ribuan warga terpapar kabut asap tengah pekan lalu.