kumparan
19 Des 2018 20:01 WIB

Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava Pijar

Ilustrasi Gunung Merapi (Foto: Kelik Wahyu/kumparan)
Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar pada pukul 19.02 WIB, Rabu (19/12). Hal tersebut diketahui dari CCTV Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang dilaporkan melalui akun twitter resminya. Dari gambar CCTV yang guguran lava pijar keluar ke arah bukaan kawah.
ADVERTISEMENT
"Jarak luncur tidak teramat visual dari lereng berkabut. Tingkat Aktivitas Waspada," dikutip dari akun twitter BPPTKG, @BPPTKG.
Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida, mengatakan dari jumlah tersebut hanya ada satu sampai dua guguran yang mengarah ke hulu Kali Gendol, Sleman.
“Guguran yang mengarah ke Kali Gendol sangatlah kecil, dari puluhan guguran yang terjadi, kami hanya melihat satu atau dua guguran saja. Persentasenya masih terbilang kecil,” jelas Hanik, Rabu (19/12).
Jika dibandingkan dengan tahun 2006 lalu, guguran yang terjadi kali ini memang jauh lebih kecil. Tahun 2006 lalu, guguran lava di Merapi bisa mencapai ratusan kali per hari.
“Guguran lava untuk saat ini hanya sekitar belasan sampai puluhan dalam sehari, itu pun masih termasuk kecil, tetapi walaupun kecil kita juga harus mewaspadai. Jika dibandingkan dengan tahun 2006, saat itu bisa mencapai ratusan guguran,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Pihaknya pun berjanji akan senantiasa menyampaikan perkembangan terkini ke masyarakat. Pemantauan juga tidak hanya melalui visual, tetapi juga melalui geofisika dan geokimia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan