News
·
21 Agustus 2020 6:04

Gunung Sinabung Erupsi Lagi Pagi Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gunung Sinabung Erupsi Lagi Pagi Ini (212774)
Lahan warga yang terkena semburan abu vulkanik Gunung Sinabung di Desa Suka Tepu, Karo, Sumatera Utara, Jumat (14/8). Foto: Tibta Peranginangin/Antara Foto
Gunung Sinabung kembali erupsi pada Jumat (21/8) pagi. Erupsi terjadi sekitar pukul 05.17 WIB, namun tinggi kolom abu tidak teramati.
ADVERTISEMENT
'Terjadi erupsi G. Sinabung pada hari Jumat, 21 Agustus 2020, pukul 05:17 WIB. Visual letusan tidak teramati," begitu laporan pemantauan Gunung Sinabung di laman Kementerian ESDM.
"Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 78 mm dan durasi 821 detik," sambung laporan itu.
Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara memang kerap erupsi dalam beberapa hari terakhir. Selama 2020, gunung ini telah mengalami erupsi sebanyak 20 kali.
Gunung Sinabung Erupsi Lagi Pagi Ini (212775)
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo yang mengalami erupsi dan kelihatan asap kelabu. Foto: ANTARA/HO
Akibat adanya erupsi ini, masyarakat diimbau untuk tidak beraktifitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di jarak radius 3 Km dari puncak gunung. Sementara, radius berbeda untuk sektor selatan hingga timur di 5 Km dan sektor timur hingga utara 4 Km.
ADVERTISEMENT
"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," tulis laporan itu.
"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," tutup laporan itu.