News
·
19 Agustus 2020 3:24

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 2 Km

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 2 Km (134985)
Gunung Sinabung memuntahkan abu vulkanik saat erupsi terlihat dari Karo, di Sumatera Utara pada Jumat (14/8). Foto: Anto Sembiring/AFP
Gunung Sinabung kembali erupsi pada Rabu (19/8) jam 00.54 WIB dini hari. Kali ini, gunung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, ini memuntahkan kolom abu setinggi 2 km dari puncaknya atau 4,4 km di atas permukaan laut.
ADVERTISEMENT
"Terjadi erupsi G. Sinabung pada hari Rabu, 19 Agustus 2020, pukul 00:54 WIB," demikian tertulis dalam laman resmi Kementerian ESDM.
Dalam laporan tersebut, dikatakan bahwa erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 2.344 detik.
"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah timur dan tenggara," tertulis di laporan itu.
Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 2 Km (134986)
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo yang mengalami erupsi dan kelihatan asap kelabu. Foto: ANTARA/HO
Adapun dengan adanya erupsi ini, masyarakat tetap diminta tak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di radius 3 Km dari puncak Gunung Sinabung. Lalu radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 Km untuk sektor timur-utara.
"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," kata laporan itu.
ADVERTISEMENT
"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," tutup laporan tersebut.