News
·
15 Agustus 2020 19:22

Gunung Sinabung Masih Keluarkan Abu Vulkanik, Tinggi Kolom Capai 400 Meter

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gunung Sinabung Masih Keluarkan Abu Vulkanik, Tinggi Kolom Capai 400 Meter (29240)
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo yang mengalami erupsi dan kelihatan asap kelabu. Foto: ANTARA/HO
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyatakan Gunung Sinabung masih mengeluarkan abu vulkanik, meskipun tak setinggi erupsi pada Jumat (14/8).
ADVERTISEMENT
Berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Karo, tinggi kolom abu vulkanik mencapai 400 meter pada Sabtu (15/8) pagi.
"Visual Gunung Sinabung dari simpang empat Kabupaten Karo, jelas teramati asap kelabu tebal dengan tinggi 400 meter," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin-Angin, dilansir Antara.
Gunung Sinabung Masih Keluarkan Abu Vulkanik, Tinggi Kolom Capai 400 Meter (29241)
Erupsi Gunung Sinabung di Desa Sigarang garang, Karo, Sumatera Utara, Jumat (14/8). Foto: Sastrawan Ginting/Antara Foto
Gunung Sinabung erupsi sebanyak lima kali pada Jumat kemarin, dengan catatan awal sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu, semburkan abu vulkanik setinggi 2.100 meter di atas puncak atau sekitar 4.560 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah tenggara dan selatan.
Berdasarkan informasi Kementerian ESDM Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, erupsi Gunung Sinabung itu terekam melalui seismogram dengan amplitudo maksimum 64 mm dan durasi lebih kurang satu menit 40 detik.
ADVERTISEMENT
Kemudian, Gunung Sinabung kembali erupsi pada pukul 14.25 WIB, 14.55 WIB, dan 16.56 WIB. Terakhir pada pukul 23 WIB, dengan ketinggian abu vulkanik 1.000 meter.
Gunung Sinabung Masih Keluarkan Abu Vulkanik, Tinggi Kolom Capai 400 Meter (29242)
Gunung Sinabung erupsi, Jum'at (14/8), Foto: Dok. Istimewa
Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak beraktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Sinabung.
Kemudian juga tidak beraktivitas di radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.
Wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung, yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Dolat Rayat, dan Kecamatan Merdeka.
----------------------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona