News
·
31 Mei 2021 18:23
·
waktu baca 2 menit

Gus Yaqut Akan Bicara dengan Jokowi 2 Juni untuk Putuskan Kepastian Haji

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gus Yaqut Akan Bicara dengan Jokowi 2 Juni untuk Putuskan Kepastian Haji (3532)
searchPerbesar
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Dok. Kemenag
Menag Yaqut Cholil Qoumas akan berkomunikasi dengan Presiden Jokowi untuk membahas kepastian haji 2021, meski belum ada keputusan dari Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Pria yang disapa Gus Yaqut itu mengatakan Indonesia harus membuat keputusan terkait pelaksanaan haji, karena harus ada sejumlah persiapan jika ternyata haji dibuka untuk Indonesia.
"Keputusan ada di pemerintah Saudi Arabia. Akan tetapi tentu kita tidak boleh berpangku tangan, teknis kita sudah siapkan dan saya setuju dengan apa yang disampaikan Pak Marwan Dasopang (anggota DPR), kita ini juga harus membuat keputusan atas ibadah haji ini," kata Gus Yaqut di raker dengan Komisi VIII DPR, Senin (31/5).
Dia pun berharap setelah berkomunikasi dengan Jokowi, Kemenag dapat memiliki keputusan terbaik. Rencananya Gus Yaqut akan bertemu Jokowi pada Rabu (2/6).
"Saya sepakat untuk segera kita buat dengan atau tanpa pengumuman dari pemerintah Saudi Arabia. Tentu saya mohon izin pada pimpinan dan para anggota Komisi VIII untuk beberapa saat berkomunikasi dengan Presiden siapa tahu ada extraordinary decision," lanjut dia.
ADVERTISEMENT
Gus Yaqut menuturkan ia akan menyampaikan perkembangan situasi terkait haji kepada Jokowi. Dia pun meminta waktu kepada Komisi VIII untuk bersabar menunggu keputusan apa yang akan diambil.
"Saya akan sampaikan situasinya seperti apa, kita sudah menyiapkan, situasinya seperti apa, dan para anggota Komisi VIII ini keinginan atau harapannya seperti apa. Saya mohon waktu untuk disampaikan pada Presiden," ujarnya.
Lebih lanjut, politikus PKB itu menuturkan pihaknya terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait mengenai pelaksanaan ibadah haji.
"Semua kita kerahkan, bahkan saya juga komunikasi, kementerian agama komunikasi dan minta tolong kepada Kemlu dan kami intens berkomunikasi untuk melalui jejaring yang luar negeri memastikan soal penyelenggaraan ibadah haji ini," tandas Gus Yaqut.
ADVERTISEMENT
****
Saksikan video menarik di bawah ini: