News
·
6 Mei 2021 0:02

H-1 Larangan Mudik, Ribuan Penumpang Padati Bandara dan Stasiun di Sumut

Konten ini diproduksi oleh kumparan
H-1 Larangan Mudik, Ribuan Penumpang Padati Bandara dan Stasiun di Sumut (68023)
Suasana puncak arus mudik natal di Bandara Kualanamu. Foto: Dok. Istimewa
Larangan mudik akan berlaku pada 6-17 Mei 2021. Agar bisa tetap mudik masyarakat memilih untuk berangkat sebelum tanggal tersebut. Akibatnya lonjakan penumpang terjadi di bandara maupun stasiun seperti di Sumatera Utara (Sumut).
ADVERTISEMENT
Pada H-1 larangan mudik tercatat sekitar 15.000 penumpang tercatat datang dan pergi dari Bandara Kualanamu. Humas Angkasa Pura II bandara Kualanamu, Yuliana Balqis mengungkapkan, puncak penumpang di Bandara Kualanamu terjadi hari ini.
"Jadi hari ini, puncaknya,” kata Balqis kepada wartawan, Rabu (5/5).
Menurutnya lonjakan penumpang sudah terjadi sejak dua hari lalu. Pada Senin (3/5) ada 12.431 penumpang yang datang dan pergi lewat Bandara Kualanamu. Kemudian pada Selasa (4/5) angkanya kembali naik yaitu 14.755 penumpang.
“Jadi ada peningkatan,” ujarnya.
Meski terbilang banyak, namun jumlah itu tidak sebanding dengan saat sebelum pandemi. Menurut Balqis jumlah penumpang sebelum pandemi sekitar 21.000 hingga 23.000 per hari.
“Kalau jumlah penumpang dibandingkan kondisi umum itu masih tetap jauh bedanya. Namun, untuk dibandingkan dibanding hari pandemi memang sedikit lonjakan," tandasnya.
ADVERTISEMENT
Balqis juga menegaskan walaupun larangan mudik diberlakukan Bandara Kualanamu tetap melayani perjalanan udara. Layanan itu diberikan bagi penumpang yang memenuhi syarat sesuai peraturan pemerintah.
"Penerbangan itu dikhususkan untuk calon penumpang yang dikecualikan. Seperti kunjungan dinas, keluarga sakit, kunjungan duka, kepentingan persalinan itu masih diizinkan,” ujar Balqis.
H-1 Larangan Mudik, Ribuan Penumpang Padati Bandara dan Stasiun di Sumut (68024)
Pengguna Kereta Api Sumut Foto: Ade Nurhaliza/kumparan
Lonjakan penumpang juga terjadi di stasiun. Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara mencatat lebih dari 5.000 orang yang datang dan pergi lewat stasiun kereta.
"Penumpang pada hari ini, Rabu 5 Mei 2021. Datang berjumlah 2.838 penumpang dan berangkat sebanyak, 2.916 penumpang," kata Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono.
Sama seperti di Bandara Kualanamu, Stasiun Kereta di Sumut juga tetap melayani penumpang saat larangan mudik berlaku. Namun hanya untuk penumpang yang dikecualikan.
ADVERTISEMENT
"Yang boleh menggunakan KA antar kota pada masa peniadaan mudik, tanggal 6-17 Mei 2021, adalah orang-orang dengan keperluan mendesak untuk kepentingan non mudik sesuai aturan pemerintah," jelas Mahendro.