kumparan
26 Nov 2017 21:03 WIB

Habib Luthfi, Anies, dan Sandi ke Tausiah Kebangsaan Naik Bus TransJ

Anies Baswedan di Tausiyah dan Kirab Kebangsaan (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Acara tausiah akbar menjadi puncak Kirab Kebangsaan dalam rangka Hari Pahlawan. Bersama Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno tiba di lokasi tersebut sekitar pukul 20.15 WIB. Ketiganya menggunakan bus TransJakarta dari Balai Kota Jakarta.
ADVERTISEMENT
Ketika mereka turun dari bus TransJakarta 100 meter dari panggung acara, mereka langsung disambut anggota Banser NU untuk mengamankan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, ulama kelahiran Pekalongan kelahiran 10 November 70 tahun yang lalu itu.
Para santri dan masyarakat yang hadir tampat berkali-kali berebut mencium tangan Habib Luthfi sebagai bentuk penghormatan kepada ulama yang dicintai umatnya itu.
Kemudian, Anies-Sandi dan Habib Luthfi naik ke atas panggung untuk menyapa masyarakat yang telah memenuhi wilayah Monas. Mereka melambaikan tangan sambil tersenyum.
Video
Lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan sebelum tausiah akbar dimulai.
Selain Anies dan Sandi, datang juga Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman, serta beberapa pejabat Pemprov DKI Jakarta. Hadir juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik dan Abraham Lunggana, atau kerap dipanggil Lulung.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya sebagai puncak acara Kirab Kebangsaan, kegiatan tausiah ini juga menjadi penanda dicabutnya larangan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di Monas. SK yang dicabut adalah SK Gubernur DKI Jakarta No 150 Tahun 1994 tentang Penataan Penyelenggaraan Reklame di Kawasan Taman Medan Merdeka (Monumen Nasional).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan