News
·
5 Mei 2021 17:20

Habib Rizieq Juga Akan Ajukan Penangguhan Penahanan Agar Lebaran Bareng Keluarga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Habib Rizieq Juga Akan Ajukan Penangguhan Penahanan Agar Lebaran Bareng Keluarga (299589)
Sidang putusan sela kasus kerumunan Habib Rizieq di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Foto: YouTube/Pengadilan Negeri Jakarta Timur
Permintaan penangguhan penahanan yang dilakukan oleh kuasa hukum terdakwa kasus data swab RS Ummi rupanya tidak hanya untuk Habib Hanif Alatas. Kuasa hukum juga akan mengajukan penangguhan penahanan untuk mertua Hanif, Habib Rizieq Syihab.
ADVERTISEMENT
Hal itu diungkapkan oleh kuasa hukum Habib Rizieq Syihab, Aziz Yanuar. Namun, keinginan penangguhan penahanan untuk Rizieq akan disampaikan dalam sidang kasus kerumunan Petamburan.
"Semua [termasuk Habib Rizieq]. Karena yang lain itu kecuali Habib Ali ditahannya di kasus Petamburan, jadi sidang besok ya. Mungkin terakhir besok atau Senin saya lupa," kata Aziz usai sidang di PN Jaktim, Rabu (5/5).
Habib Rizieq Juga Akan Ajukan Penangguhan Penahanan Agar Lebaran Bareng Keluarga (299590)
Kuasa hukum Bachtiar Nasir, Aziz Yanuar. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Sama seperti Hanif, penjamin Rizieq agar bisa ditangguhkan ialah pihak keluarga. Azis mengatakan pihak keluarga juga yang meminta agar Rizieq bisa ditangguhkan penahanannya. Mereka menjamin Rizieq tidak akan melarikan diri dan akan mengikuti sidang sampai selesai.
"Mungkin keluarga ya nanti kita cek lagi. tapi kan kita sudah ajukan beberapa kali tinggal ini kita matangkan saja nanti. Semoga nanti kebijakan bapak-bapak atau pimpinan bapak-bapak sekalian tadi yang memang berkepentingan ada hal yang tadi saya sampaikan alasannya semoga ada kabar baiklah," kata Azis.
ADVERTISEMENT
Dia menerangkan sejumlah pertimbangan mengapa kliennya mengajukan penangguhan penahanan. Salah satunya untuk dapat berkumpul dengan keluarga dalam momen Idul Fitri.
"Ini kan pertimbangannya kemanusiaan terus ada Idul Fitri juga. Lagi Idul Fitri kan secara manusiawi berkumpul dengan keluarga itu aja si," kata Azis.
Habib Rizieq saat ini masih menjalani sidang kasus kerumuann di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Sidang saat ini sudah masuk ke agenda pemeriksaan saksi.
Sejak ditangkap hingga menjalani persidangan, Habib Rizieq sempat ditahan di Rutan Polda Metro Jaya lalu dipindahkan ke Rutan Bareskrim Polri.