News
·
15 April 2021 20:30

Hadapi Lonjakan Virus Corona, Thailand Segera Berlakukan Pembatasan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hadapi Lonjakan Virus Corona, Thailand Segera Berlakukan Pembatasan (26235)
Antrean Biksu Buddha menunggu untuk menerima dosis vaksin virus corona di sebuah kuil di Bangkok, Thailand. Foto: Chalinee Thirasupa/Reuters
Penambahan kasus infeksi virus corona di Thailand terus meningkat dan memecahkan rekor. Pada Kamis (15/4/2021), Thailand melaporkan 1543 kasus baru.
ADVERTISEMENT
Penambahan tersebut kembali memecahkan rekor harian. Total dalam sepekan terakhir, empat kali penambahan kasus harian di Thailand pecah rekor.
Lonjakan kasus baru ini terjadi setelah pada 2020 Thailand berhasil menekan penyebaran infeksi virus corona.
Hadapi Lonjakan Virus Corona, Thailand Segera Berlakukan Pembatasan (26236)
Anggota kru Thai Airways mempersiapkan diri sebelum mendesinfeksi untuk mencegah penyebaran virus corona di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok. Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Diprediksi ada dua faktor penyebab lonjakan kasus. Pertama soal akibat banyaknya orang berkerumun dan berpergian untuk merayakan libur tahun baru Songkram.
Faktor kedua terkait rendahnya vaksinasi di Thailand. Baru 73.561 warga Thailand yang sudah mendapat vaksinasi penuh. Jumlah itu setara dengan 0,1 persen populasi.
Untuk mencegah lonjakan kasus, Pemerintah Thailand didesak untuk memberlakukan lockdown. Pejabat Kementerian Kesehatan Thailand Chawetsan Namwat mengatakan, langkah-langkah pembatasan sedang dirumuskan.
Hadapi Lonjakan Virus Corona, Thailand Segera Berlakukan Pembatasan (26237)
Suasana di Kuil Wat Suthat Thepwararam, di Bangkok, Thailand, yang sepi selama wabah corona, Kamis (2/4). Foto: REUTERS/Jorge Silva
Rencananya, pembatasan tidak akan diberlakukan sama di seluruh wilayah Thailand. Pembatasan bakal sesuai jumlah kasus di masing-masing area. Jika tidak ada kendala maka pengumuman pembatasan bakal diumumkan pada Jumat (16/4/2021).
ADVERTISEMENT
"Kami harus membagi wilayah berdasarkan seriusnya kasus, yang pastinya langkah-langkah akan berbeda dan harus cocok di bagi setiap wilayah," ujar Chawetsan seperti dikutip dari Reuters.
Nantinya, langkah-langkah pembatasan termasuk penutupan tempat hiburan, kelab malam, bar, pantai pijat dan sekolah. Pembatasan bakal berlaku selama dua pekan.
Sampai saat ini total kasus infeksi virus corona di Thailand mencapai 37.453. Sedangkan jumlah kematian tetap di angka 97.