News
·
24 Juli 2020 9:34

Hagia Sophia Jadi Masjid, Gli Si Kucing Tetap Boleh Tinggal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hagia Sophia Jadi Masjid, Gli Si Kucing Tetap Boleh Tinggal (327411)
Gli, kucing yang tinggal di Hagia Sophia, Istanbul, Turki. Foto: MURAD SEZER/REUTERS
Hagia Sophia atau Ayasofya akan resmi menjadi masjid kembali pada Jumat (24/7) setelah 86 tahun menjadi museum. Yang jadi pertanyaan sekarang, bagaimana dengan nasib Gli, kucing terkenal yang selama ini tinggal di situ?
ADVERTISEMENT
Perubahan fungsi Hagia Sophia dari museum menjadi masjid yang ditandai dengan salat Jumat hari ini, tidak akan berdampak pada nasib Gli. Dia tetap boleh tinggal di rumahnya saat ini, yaitu Hagia Sophia, Istanbul, Turki.
Ibrahim Kalin, juru bicara Presiden Recep Tayyip Erdogan, mengatakan kepada Reuters bahwa Gli serta semua kucing lain di daerah itu, akan tetap di tempatnya.
"Kucing itu menjadi sangat terkenal, tidak ada yang seterkenal itu sebelumnya. Kucing itu akan ada di sana, dan semua kucing dipersilakan ke masjid kami," kata Kalin.
Menurut Reuters, Gli adalah kucing yang hampir seterkenal rumah kunonya, Hagia Sophia. Pengikutnya di Instagram mencapai 48 ribu.
Saking terkenalnya, wajar ketika ketika Presiden Erdogan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid setelah putusan pengadilan keluar pada 10 Juli 2020, masyarakat Turki bertanya-tanya, apakah Gli harus pindah? Pertanyaan ini muncul setiap hari di berita-berita lokal maupun di media sosial.
ADVERTISEMENT
Hagia Sophia Jadi Masjid, Gli Si Kucing Tetap Boleh Tinggal (327412)
Infografik Tapak Tilas Hagia Sophia. Foto: TIM KREATIF kumparan

Hagia Sophia, Gli, dan Obama

Kucing abu-abu dengan mata hijau itu selama ini menjadi favorit para pengunjung Hagia Sophia, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama. Obama pernah membelai Gli dalam kunjungannya pada tahun 2009.
Adapun yang membuat akun Instagram bagi Gli adalah Umut Bahceci, seorang pemandu wisata. Dia membuat akun itu empat tahun lalu. Isi akun itu adalah foto-foto Gli, beberapa di-tag oleh oleh turis-turis yang berjumpa dengan kucing betina itu.
"Saya mulai memperhatikan Gli setiap kali saya pergi (ke Hagia Sophia) karena Gli berpose untuk orang-orang seperti model," kata Bahceci.
"Saya mendapat pesan seperti, ‘Gli, kami akan datang ke Istanbul untuk menemui kamu’. Ini benar-benar perasaan yang sangat menyenangkan," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Gli juga menarik hati Gubernur Istanbul, Ali Yerlikaya, saat melakukan inspeksi di Hagia Sophia guna mempersiapkan peresmiannya sebagai masjid. Yerlikaya mengelus-elus kucing itu dan menulis pesan di Twitternya:
#Gli sangat puas dengan kehidupannya.
Jangan khawatir.
#HagiaSophiaMosque ".
Hagia Sophia Jadi Masjid, Gli Si Kucing Tetap Boleh Tinggal (327413)
Hagia Sophia, Turki. Foto: Ozan Kose/AFP

Hagia Sophia dan Salat Jumat Perdana

Hari ini Hagia Sophia akan diresmikan sebagai masjid. Peresmian dilakukan dengan salat Jumat berjemaah. Sedikitnya 1.500 jemaah akan hadir, termasuk Presiden Erdogan dan sejumlah pemimpin partai.
Salat akan dilakukan di area terbuka di sekitar Hagia Sophia dan area-area di sekitarnya dengan mengikuti protokol kesehatan. Sejumlah jalan juga ditutup untuk kegiatan ini.
***