kumparan
21 Oktober 2019 6:02

Hal-hal yang Perlu Diketahui soal Pelantikan Jokowi

Pelantikan Presiden 2019, Joko Widodo, POTRAIT
Presiden Joko Widodo saat mengikuti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden telah diselenggarakan di gedung MPR, Senayan, Jakarta. Artinya, mulai Minggu (20/10), Jokowi dan Ma'ruf resmi memimpin Indonesia untuk periode 2019-2024.
ADVERTISEMENT
Momentum pelantikan Jokowi sebagai presiden untuk periode kedua ini menyedot perhatian publik. Bahkan, sejumlah pemimpin negara sahabat datang untuk memberikan selamat kepada Jokowi dan Ma'ruf.
Pelantikan Presiden 2019, Ucapan Selamat
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menandatangai berita acara saat pelantikan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Berikut hal-hal yang perlu diketahui terkait pelantikan Jokowi:
1. Jokowi Tak Ditemani Jan Ethes
Jokowi mendatangi gedung MPR untuk mengikuti pelantikan didampingi keluarga intinya. Tampak sang istri, Iriana Joko Widodo yang mengenakan kebaya putih selalu berada di samping Jokowi.
Sementara itu, tiga putra-putri Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep juga setia mendampingi sang ayah. Tak hanya itu, menantu Jokowi yang juga suami Kahiyang Ayu, Bobby Nasution, turut mendampingi Jokowi. Ia terlihat menggendong putrinya yang juga cucu kedua Jokowi, Sedah Mirah Nasution.
Pelantikan Presiden 2019, Joko Widodo dan keluarga
Presiden Joko Widodo bersama keluarga bersiap menuju tempat pelantikan presiden dan wakil presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/10). Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Namun, kali ini tak terlihat sosok cucu pertama Jokowi, Jan Ethes Srinarendra. Dalam berbagai acara, sosok lucu Jan Ethes biasa mendampingi sang kakek.
ADVERTISEMENT
Jan Ethes tak terlihat bersama sang ibu, Selvi Ananda. Jan Ethes tak diajak karena menemani sang ibu yang tengah hamil besar. Selvi diperkirakan akan melahirkan anak kedua pada November.
"Jan Ethes enggak ikut, sama Selvi," kata Iriana sambil tersenyum di Istana Merdeka sebelum berangkat ke gedung MPR.
2. Sebelum ke MPR, Jokowi Sapa Warga
Rombongan Jokowi keluar Istana Merdeka untuk menuju gedung MPR sekitar pukul 14.20 WIB. Beberapa saat setelah keluar gerbang Istana, Jokowi sempat turun dari mobil dan menyapa sejumlah warga yang telah menantinya.
Jokowi menyalami mereka yang akan mengadakan acara syukuran.
"Selamat ya, Pak. Semoga sukses," ungkap salah seorang relawan.
Pelantikan Presiden 2019, Jokowi dan Gibran
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi putranya Gibran Rakabuming (kanan) menyalami warga di depan Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10). Foto: ANTARA FOTO/Rachman
3. Pelantikan Molor Sejam
Agenda paripurna pelantikan Jokowi dan Ma'ruf sebagai presiden dan wapres sempat molor sekitar satu jam. Pelantikan yang dijadwalkan pukul 14.30 WIB, akhirnya baru dimulai pukul 15.29 WIB.
ADVERTISEMENT
Padahal tamu undangan, termasuk pimpinan negara sahabat, sudah berdatangan sejak sekitar pukul 13.00 WIB. Begitu juga para tokoh politik seperti Prabowo-Sandi.
Acara yang molor membuat para beberapa tamu undangan terlihat meninggalkan ruangan. Apalagi jika melihat waktu, pukul 15.00 WIB, merupakan waktu shalat ashar.
Terlihat mereka yang sempat keluar Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri ESDM Jonan, hingga anggota DPR seperti Habiburokhman, dan Mulan Jameela juga ikut meninggalkan ruangan.
4. Resmi Dilantik, Jokowi Akan Pangkas Eselon III dan IV
Pelantikan Presiden 2019, Joko Widodo, Pidato
Presiden Joko Widodo memberikan pidato di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Dalam pidato pelantikan, Presiden Jokowi menegaskan komitmennya untuk menyederhanakan birokrasi guna meningkatkan investasi. Ia akan melakukan hal tersebut secara besar-besaran.
Salah satu yang akan ia pangkas adalah tingkatan jabatan eselon PNS di pemerintahan. Ia meminta tingkatan eselon dipangkas menjadi dua level. Yakni diganti dengan jabatan fungsional.
ADVERTISEMENT
"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," kata Jokowi di gedung MPR.
5. Pantun dan Standing Aplaus untuk Jusuf Kalla
Bintangnya dalam pelantikan presiden kali ini sepertinya bukan hanya Jokowi dan Ma'ruf Amin. Jusuf Kalla yang resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai wapres periode 2014-2019 mendapat perhatian khusus.
Jusuf Kalla mendapatkan apresiasi yang meriah di pelantikan Jokowi-Ma'ruf. Apresiasi ini diberikan kepada JK yang telah dua kali menjabat sebagai wakil presiden, yaitu pada 2004-2009 bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan pada 2014-2019 bersama Jokowi.
Pelantikan Presiden 2019, Ma'ruf Amin dan Jusuf Kalla
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada upacara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Salah satu apresiasi diberikan Ketua MPR Bambang Soesatyo yang memimpin paripurna pelantikan Jokowi. Ia bahkan membacakan pantun dalam bahasa Bugis sebagai tanda apresiasinya kepada Jusuf Kalla telah bekerja sebagai wakil presiden.
ADVERTISEMENT
"Buah panasa buah durian, tempeding riala inungeng temaka raja paberena, tema ruleke papidecena," kata Bamsoet.
"Saya sengaja menyampaikannya dalam bahasa Bugis yang artinya sebagai berikut: buang nangka buah durian, tak dapat dijadikan minuman, sungguh besar pengabdianmu, tak sanggup ditatar kebaikanmu," ucapnya.
Pantun tersebut mendapatkan sambutan tepukan tangan yang meriah dari anggota MPR dan tamu undangan yang hadir. Mereka pun berdiri dan memberikan standing aplaus untuk JK.
6. Megawati Salami Surya Paloh di Pelantikan Jokowi
Surya Paloh dan Megawati Soekarnoputri
Surya Paloh dan Megawati Soekarnoputri. Foto: Dok. Nasdem dan Iqbal Firdaus/kumparan
Para presiden dan wapres terdahulu, serta sejumlah politikus hadir dalam pelantikan Jokowi di gedung MPR. Di antaranya adalah Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Ketum NasDem Surya Paloh.
Dalam kesempatan itu, Megawati tampak menyalami Surya Paloh setelah bersalaman dengan ketum parpol lainnya, seperti Ketum PPP Soeharso Monoarfa dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Hal ini terlihat dari layar yang disediakan di kompleks Parlemen, Senayan.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, hubungan Megawati dan Paloh dikabarkan sempat memanas. Sejumlah internal koalisi Jokowi-Ma'ruf menyebut, hubungan keduanya tegang dipicu kinerja M. Prasetyo selaku Jaksa Agung.
Saat pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024 pada Selasa (1/10) kemarin, Megawati tampak buang muka ketika Paloh berdiri untuk bersalaman dengannya.