kumparan
12 September 2019 14:29

Hal yang Paling Diingat Najwa dari Habibie: Cinta bagi Negeri

Najwa Shihab
Najwa Shihab. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Jurnalis Najwa Shihab mengungkapkan, sosok Habibie adalah tokoh yang tak pernah berhenti menginspirasi banyak orang. Najwa mengenang Habibie sebagai seseorang yang selalu dipenuhi hal positif.
ADVERTISEMENT
Bagi Najwa yang paling menginspirasi dari Habibie adalah soal cinta, baik cintanya kepada Ainun, maupun pada Republik Indonesia.
"Soal cinta ya, cintanya pada kekasih hatinya yang tak putus dan cintanya pada negeri yang tak pernah luruh. Jadi, cinta menggambarkan seorang Habibie," kata Najwa di Kediaman Habibie, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9)
Najwa bercerita, dia termasuk salah satu jurnalis yang sering mewawancarai Habibie. Dalam tanya jawab mendalam, Habibie selalu menjawab dengan menyenangkan.
"Luar biasa menyenangkan dan menginspirasi kalau dialog dengan Eyang Habibie, bicara soal cinta soal demokrasi, teknologi, soal negeri. Jadi, rasanya memang Eyang Habibie itu sumber inspirasi yang tak pernah putus," katanya.
Loading Instagram...
Momen lain yang berkesan bagi Najwa adalah ketika Habibie membahas soal Ainun. Ada satu kalimat yang diingat Najwa.
ADVERTISEMENT
"Karena kalau saya mati saya yakin orang pertama yang menemui saya Ibu Ainun. Itu yang dia katakan di Mata Najwa dan saya terkenang," sebutnya.
Najwa juga meyakini, jika ditanya siapa sosok idola kaum milenial saat ini, Habibie akan masuk dalam top of mind.
"Luarnya saja 80 (usia) dalamnya 17. Jadi, selalu menggebu-gebu, apalagi kalau diajak bicara soal anak muda tidak pernah habis rasanya semangatnya memompa anak muda soal pentingnya berkarya untuk negeri," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan