News
·
21 April 2021 17:18

Heboh Video Ribuan Ikan di Kawasan Pantai Kualu Indah Sumut Mati Mendadak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Heboh Video Ribuan Ikan di Kawasan Pantai Kualu Indah Sumut Mati Mendadak (461711)
Ribuan ikan di Pantai Kualu Indah mati mendadak. Foto: Facebook Muhammad Afandi
Beredar sejumlah foto dan video yang memperlihatkan ribuan ekor ikan di Pantai Kualu Indah, Kabupaten Batubara, Sumut, mati mendadak pada Selasa (20/4).
ADVERTISEMENT
Dalam unggahan yang beredar, ribuan ekor ikan itu menyebar di pasir berwarna hitam. Ikan-ikan berwarna putih tersebut berserakan di lokasi.
"Hari ini 20 April 2021 saya melihat ribuan ekor ikan mati di pesisir kampung saya, Kwala Indah. Karena sebagai anak yang tinggal di kampung nelayan, ini sebuah kekhawatiran bagi saya, karena rasa-rasanya tidak mungkin ikan ini mati secara masal dan tiba-tiba karena meminum air laut yang asin...tidak mungkin juga karena pandemi Covid 19," tulis akun Facebook Muhammad Afandi.
Terkait fenomena tersebut, Plt Kadis Perikanan Kabupaten Batubara Anton Ritonga mengatakan peristiwa itu terjadi pada Selasa (20/4) sore. Timnya telah turun ke lokasi untuk mengecek.
"(Adapun) Jenis ikan (mati) didominasi ikan bedukang, lundu, dan sembilang. Bisa kami simpulkan ikannya ini ikan muara," ujar Anton, kepada wartawan, Rabu (21/4).
ADVERTISEMENT
Sementara itu, terkait penyebab kematian ikan tersebut, pihaknya sudah mengambil sampel untuk diperiksa. Hanya saja, hasilnya masih menunggu dari uji laboratorium.
" Kita tidak bisa menyimpulkan sementara, sebelum ada hasil labnya. Saya tidak berani sebagai seorang pimpinan institusi menyatakan, ini atau ini, yang pasti menunggu hasil lab," ujarnya