kumparan
search-gray
News1 Agustus 2020 20:16

Hindari Kepadatan KRL di Awal Pekan Usai Libur Idul Adha

Konten Redaksi kumparan
Hindari Kepadatan KRL di Awal Pekan Usai Libur Idul Adha (157690)
Penumpang KRL terlihat berdiri di balik pintu saat PSBB transisi di Jakarta. Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERS
Awal pekan setiap Senin selalu menjadi hari dengan jumlah pengguna KRL terpadat dibandingkan hari lainnya, meskipun masih terjadi pandemi virus corona. Ditambah akhir pekan ini jadi long weekend usai libur Idul Adha.
ADVERTISEMENT
Untuk mengantisipasi antrean di stasiun, PT KCI mengimbau pengguna untuk kembali ke Jakarta maupun lokasi tujuannya dengan mengatur waktu perjalanan. Yakni dengan memanfaatkan kondisi KRL yang lebih lengang pada akhir pekan ini.
Berdasarkan data PT KCI, pengguna KRL pada Kamis (30/7) lalu mencapai 409.814 penumpang, atau meningkat 10% dibanding Kamis (23/7) sebanyak 370.948 pengguna. Sementara saat libur hari raya Idul Adha pada Jumat (31/7) kemarin, jumlah pengguna KRL hanya 187.257.
Hindari Kepadatan KRL di Awal Pekan Usai Libur Idul Adha (157691)
Calon penumpang bergegas naik KRL Commuter Line di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Foto: Arif Firmansyah/ANTARA FOTO
"Melihat kenaikan pengguna KRL yang cukup signifikan di hari Kamis, PT KCI memprediksi Senin nanti pengguna dari luar Jakarta dengan tujuan stasiun-stasiun di wilayah Jakarta akan cukup tinggi," kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, dalam keterangannya, Sabtu (1/8).
ADVERTISEMENT
"Untuk itu, para pengguna kami ajak mengatur kembali perjalanannya dengan memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu ini ataupun menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk," imbuhnya.

Penumpang KRL Diminta Manfaatkan Waktu Lengang

Anne menjelaskan, waktu padat atau jam sibuk pengguna KRL masih terfokus di pukul 05.00-08.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB. Di luar jam itu, penumpang lebih lengang dan cenderung tak ada antrean. Maka dari itu, pengguna KRL diminta bisa memanfaatkan waktu lowong itu.
Selain itu, ia juga mengimbau pengguna KRL mempersiapkan KMT, kartu uang elektronik bank, atau tiket kode QR sehingga tak perlu mengantre lebih lama lagi.
PT KCI juga masih menjalankan aturan pembatasan penumpang di tiap rangkaian gerbong, yakni 74 orang, demi menjaga jarak antarorang. Pihaknya juga terus mengingatkan penumpang untuk mematuhi marka yang telah terpasang.
ADVERTISEMENT
"Untuk memaksimalkan upaya jaga jarak aman, di masa pandemi COVID-19 ini PT KCI secara bertahap menambah perjalanan KRL hingga kini sudah mencapai 971 perjalanan per hari. Jumlah ini sudah maksimal dengan mempertimbangkan kapasitas angkut, serta kapasitas prasarana perkeretaapian yang tersedia," tutup Anne.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white