Hoaxbuster

Hoaxbuster: Bill Gates Tolak Vaksinasi Corona untuk Anaknya

6 September 2021 13:29
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Hoaxbuster: Bill Gates Tolak Vaksinasi Corona untuk Anaknya. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Hoaxbuster: Bill Gates Tolak Vaksinasi Corona untuk Anaknya. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Beredar klaim yang menyebutkan Bill Gates menolak vaksinasi corona untuk anak-anaknya. Narasi itu bermula dari sebuah unggahan di Facebook.
ADVERTISEMENT
Seorang pengguna Facebook menuliskan Bill Gates menganjurkan masyarakat dunia untuk divaksin. Sementara, keluarganya sendiri menolak.
"Bill Gates yang kaya raya dengan jualan vaksin ke semua negara, supaya kita semua mati sikit demi sedikit. Tapi anak-anak bini dia sendiri tak mau disuntik vaksin," tulis pengguna tersebut.
Tulisan itu disertai dengan tautan artikel dengan judul 'Bill Gates Menolak Vaksin'.

Cek Fakta

Dikutip dari AP News, mantan istri Bill Gates, Melinda Gates, membantah anaknya tak diberikan vaksin.
"Ketiga anak saya telah divaksinasi penuh," ujar Melinda dalam Facebooknya dikutip AP News pada 2019 lalu.
Khusus untuk vaksin corona, putri Bill Gates, Jennifer Gates telah divaksin pada Februari 2021. Vaksinasi itu sempat diunggah melalui akun Instagramnya. Sementara itu, Bill Gates telah disuntik vaksin pada 23 Januari 2021.
ADVERTISEMENT
AP News melaporkan klaim vaksinasi anak-anak beredar luas pada 2018 dari sebuah artikel di YourNewsWire. Domain itu telah berganti menjadi NewsPunch.
Akan tetapi, Pimpinan Redaksi NewsPunch Saen Adl-Tabatabai sudah tidak mendukung cerita tersebut. Sebab, kontan itu telah diimigrasi dari YouNewsWire ke NewsPunch.
“Cerita ini awalnya diterbitkan di YourNewsWire.com - klaim yang dibuat dalam artikel tersebut disalin dari blog di tempat lain di web. Karena terungkap bahwa klaim yang kami salin tidak dapat diandalkan dan kemungkinan salah, kami menghapus cerita tersebut dari YourNewsWire dan tidak mempublikasikan ulang di situs baru kami," ujar Saed kepada AP News.

Kesimpulan

Jadi, narasi yang menyebutkan anak-anak tidak divaksin merupakan hoaks.
ADVERTISEMENT
Banyak berita palsu yang beredar di masyarakat seputar vaksin corona. kumparan melakukan cek fakta demi meluruskan kabar tersebut.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten