Hoaxbuster

Hoaxbuster: Foto Anak Ketakutan Mendengar Suara Tembakan di Kabul

6 September 2021 18:47
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Hoaxbuster: Foto Anak Ketakutan Mendengar Suara Tembakan di Kabul (52492)
zoom-in-whitePerbesar
Hoaxbuster: Foto Anak Ketakutan Mendengar Suara Tembakan di Kabul. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Beredar sebuah foto yang memperlihatkan dua anak perempuan menutupi telinganya menggunakan tangan. Unggahan itu disertai dengan narasi anak itu tengah ketakutan karena suara tembakan di Kabul, Afghanistan.
ADVERTISEMENT
Foto itu beredar usai Afghanistan jatuh ke dalam kekuasaan kelompok Taliban. Sejumlah pengguna mengaitkan foto itu dengan kondisi Kabul di bawah Taliban.
"Anak-anak di Kabul ketakutan dan menangis karena mendengar suara tembakan," tulis pengguna media sosial.

Cek Fakta

Dikutip dari lembaga pengecekan fakta India, boomlive.in, foto itu diunggah oleh aktivis kemanusiaan Ramy Abdu di akun Twitternya pada 12 Mei 2021. Mengacu tanggal tersebut, Afghanistan belum dikuasai oleh Taliban.
Dalam unggahannya, ia menuliskan bocah itu berada di kawasan Gaza. Ia menyerukan untuk menghentikan perang di antara Israel dan Palestina.
Dalam laporan tanggal 12 Mei 2021, laporan CNN menyebutkan ada serangan Israel di Gaza yang menewaskan 35 orang. Dalam jumlah itu, 12 orang merupakan anak-anak.
ADVERTISEMENT

Kesimpulan

Jadi, foto dua anak itu tidak berkaitan dengan kondisi kekuasaan Taliban di Afghanistan. Foto itu terkait dengan kejadian di Gaza.