Hoaxbuster- Foto Pria dengan Mata Bengkak
24 Februari 2021 10:22

Hoaxbuster: Foto Pria dengan Mata Bengkak Akibat Efek Samping Vaksin Moderna

Beredar sejumlah foto pria dengan muka bengkak yang disebut akibat dari efek samping vaksin corona Moderna. Kabar itu dibagikan oleh forum online Korea Selatan, Naver Blog. Foto tersebut merupakan hoaks.
ADVERTISEMENT
Dalam forum itu, foto itu diunggah dengan judul 'Vaksin Moderna COVID-19 Menyebabkan Monsterisme'. Dalam tulisan tersebut disebutkan, vaksin corona Moderna bisa menyebabkan penyakit yang mematikan seperti kelainan fisik dan kelainan mental.
Tulisan itu juga memuat dua orang foto pria yang mengalami kelainan bentuk wajah. Terlihat ada bagian bengkak di area mata pria tersebut.
Hoaxbuster: Foto Pria dengan Mata Bengkak Akibat Efek Samping Vaksin Moderna (222083)
searchPerbesar
Hoax Buster: Foto Pria dengan Mata Bengkak akibat Efek Samping Vaksin Moderna. Foto: AFP
Berdasarkan penelusuran AFP, foto tersebut diunggah pada 2007 dari Departemen Penyakit Dalam Rumah Sakit Angkatan Bersenjata di Brasil. Foto itu berjudul pembengkakan orofasial yang mencolok dengan pembesaran yang intens dan kelopak mata tertutup total.
Dari laporan MailOnline, pria dalam foto tersebut adalah Romulo Pilapil yang berusia 56 tahun dari Filipina, yang menderita pembengkakan wajah yang parah.
ADVERTISEMENT
Foto itu dikreditkan ke ViralPress dengan deskripsi Pilapil mulai merasa tidak enak badan tiga tahun lalu ketika matanya mulai berair dan hidungnya mulai meler, yang pertama kali didiagnosis sebagai masalah sinus.