Hoaxbuster- status yang menyebut dokter di Ohio meninggal

Hoaxbuster: Kabar Dokter di Ohio Meninggal Usai Disuntik Vaksin COVID-19

24 Mei 2021 16:07
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Sebuah unggahan di media sosial menyebut bahwa dokter di Ohio, Amerika Serikat bernama Thomas Flanigan meninggal dunia setelah menerima suntikan vaksin COVID-19 Moderna.
ADVERTISEMENT
Awalnya, dokter bedah tersebut mengunggah foto dirinya setelah divaksin. Ia melontarkan gurauan dan pernyataan satir bahwa micro chip yang diberikan kepadanya tidak berefek apa-apa.
Ia menyebut vaksin sebagai micro chip karena beredar klaim tersebut di media sosial selama program vaksinasi ini. Sehingga ia bermaksud untuk menyindir masyarakat yang masih percaya akan hoaks itu.
Pada 27 April lalu, Flanigan meninggal dunia dan muncul klaim bahwa ia meninggal karena vaksin COVID-19.
"Orang ini mengejek orang-orang yang (anti-vaksin), lalu ini yang terjadi," tulis status tersebut. Komentar dalam status tersebut pun mengeklaim bahwa Flanigan termakan oleh omongannya sendiri.
Hoaxbuster: Kabar Dokter di Ohio Meninggal Usai Disuntik Vaksin COVID-19 (242687)
zoom-in-whitePerbesar
Tidak benar status yang menyebut dokter di Ohio meninggal karena suntik vaksin COVID-19. Foto: Facebook/Earthley dan kumparan
Faktanya, Flanigan meninggal dunia bukan karena vaksin COVID-19. Istri Flanigan mengatakan, seperti dikutip dari USA Today, suaminya meninggal karena terkena diseksi aorta.
ADVERTISEMENT
Diseksi aorta adalah kondisi ketika lapisan dalam pembuluh darah aorta robek dan terpisah dari lapisan tengah dinding aorta.
==