News
·
17 April 2021 14:43

Hoaxbuster: Klaim Irisan Bawang Merah Bisa Sembuhkan Kanker dan Malaria

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hoaxbuster: Klaim Irisan Bawang Merah Bisa Sembuhkan Kanker dan Malaria (257481)
Hoaks meletakkan irisan bawang di bawah kaki semalaman menyembuhkan kanker dan malaria. Foto: AFP
Sebuah posting Facebook yang dibagikan di media sosial mengeklaim bahwa meletakkan irisan bawang di bawah kaki seseorang semalaman dapat menyembuhkan beberapa penyakit mematikan, termasuk kanker dan malaria.
ADVERTISEMENT
Posting tersebut menyarankan penggunaan bawang merah sebagai obat alternatif mengeluarkan racun tanpa harus memeriksakan diri ke rumah sakit. Proses tersebut harus dilakukan dua kali sebulan.
Berikut narasi postingan tersebut:
Ambil bawang merah yang bisa dimakan, potong menjadi empat bagian, letakkan di bawah kaki dan bungkus dengan kaus kaki agar tetap bersentuhan dengan kaki, biarkan sampai keesokan paginya, bawang ini akan menyedot racunnya sebelum subuh.
Faktanya, meskipun bawang merah bermanfaat bagi kesehatan manusia, menurut sebuah penelitian tahun 2002 yang diterbitkan Phytotherapy Research, tidak ada bukti ilmiah bahwa terapi kaki menggunakan bawang adalah pengobatan yang efektif untuk penyakit.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lewat perwakilan juru bicara mengatakan kepada AFP Fact Check, bahwa menaruh bawang di bawah kaki semalaman tidak akan menyembuhkan penyakit kanker dan malaria.
ADVERTISEMENT
"Menaruh bawang di bawah kaki Anda di malam hari tidak dapat menyembuhkan COVID-19, kanker, malaria, atau penyakit medis lainnya," kata juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia, dikutip dari AFP Fact Check.
Dr. James Fullwood, ahli bedah podiatrik di Northern Light Sebasticook Valley Hospital di Amerika Serikat justru menyebut meletakkan bawang di bawah kaki tidak akan mengobati penyakit namun justru membuat bau kaki yang tidak enak.
==
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona