News
·
7 Maret 2021 13:53

Hoaxbuster: Soal Arab Saudi Produksi Bir Merek Takbier

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hoaxbuster: Soal Arab Saudi Produksi Bir Merek Takbier (449236)
searchPerbesar
Hoax Buster: Arab Saudi Produksi Bir Merek Takbier. Foto: Instagram/@jabarsaberhoaks
Beredar sebuah artikel dengan klaim Arab Saudi memproduksi bir dengan merek Takbier. Konten tersebut kemudian dibagikan sejumlah pengguna di Facebook. Hingga akhirnya unggahan itu menjadi kontroversial.
ADVERTISEMENT
Dalam unggahan itu terdapat lambang bendera Arab dalam kemasan botol tersebut. Selain itu, terlihat juga wajah Putra Mahkota Muhammad Bin Salman.
Betulkah Arab Saudi memproduksi bir dengan merek Takbir yang dicap halal?
Foto yang sama muncul di sebuah situs satir berbahasa Jerman, noktara.de. Informasi itu diunggah pada 7 Maret 2021. Artikel tersebut berjudul Takbier: Arab Saudi Memproduksi Bir Resmi Piala Dunia.
Dalam artikel itu disebutkan, kerajaan Arab Saudi mulai memproduksi bir merek sendiri. Hal itu dilakukan setelah adanya perselisihan hukum dengan pabrik bir di Jerman.
Selain itu, artikel itu juga menuliskan negara itu mulai tertarik memproduksi bir karena warganya yang cinta dengan pembukaan sepak bola untuk Piala Dunia di Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, laman Noktara itu memberikan keterangan, semua informasi yang ada di laman itu harus dicerna dengan pendekatan humor. Artinya, hal itu hanyalah sebuah satir bukan sebuah fakta.
Jadi, klaim yang menyebutkan Arab Saudi memproduksi bir dengan merek Takbier merupakan hoaks.