News
·
7 Maret 2020 17:16

Hoaxbuster: Tak Ada Pasien Corona di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh 

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hoaxbuster: Tak Ada Pasien Corona di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh  (280491)
searchPerbesar
Ilustrasi virus corona China buatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, CDC. Foto: Alissa Eckert, MS; Dan Higgins, MAM/CDC/via REUTERS
Kabar bohong tentang virus corona di Aceh mewarnai berbagai laman media sosial. Isinya, menjelaskan adanya seorang pasien terpapar virus corona dan sedang dirawat di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.
ADVERTISEMENT
Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, Azharuddin, memastikan kabar tersebut tidak benar alias hoaks. Katanya, hingga saat ini, pihak rumah sakit belum pernah menerima dan merawat pasien positif corona.
“Beredar informasi seorang pasien RSUD ZA Aceh, dikabarkan positif virus corona. Itu hoaks,” kata Azharuddin, saat dikonfirmasi, Sabtu (7/3).
Hoaxbuster: Tak Ada Pasien Corona di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh  (280492)
searchPerbesar
Ilustrasi virus corona. Foto: NEXU Science Communication/via REUTERS
Azharuddin menyebutkan, saat ini, RSUD ZA merawat enam pasien dengan kategori pasien dalam pengawasan (PDP) di ruang isolasi Respiratory Intensive Care Unit (RICU). Secara umum, keadaan pasien tersebut sudah mengalami perbaikan selama menjalani perawatan.
“Sudah dilakukan pemeriksaan swab dan sedang menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dari Balitbangkes (Kemenkes),” ujarnya.
Dia menegaskan, hingga kini, tidak ada warga Aceh yang suspect virus COVID-19. Dia mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik dan resah.
ADVERTISEMENT
“Sejauh ini belum ditemukan adanya warga atau pasien di RSUD ZA Banda Aceh, terjangkit virus corona. Sehingga masyarakat tidak perlu panik,” tegasnya.