News
·
20 November 2020 14:03

Hoaxbuster: Tes Swab Bisa Sebarkan COVID-19?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hoaxbuster: Tes Swab Bisa Sebarkan COVID-19? (578637)
Hoaxbuster Tes Swab bisa menyebarkan virus corona. Foto: Youtube/@Beast System Revealed
Terdapat sebuah video YouTube yang mengklaim bahwa tes swab virus corona dapat menyebarkan penyakit COVID-19. Video tersebut diunggah oleh akun Beast System Reveal pada 10 November lalu.
ADVERTISEMENT
Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa tes swab atau PCR ini membuat orang-orang yang awalnya tidak sakit menjadi terpapar COVID-19. Pembicara dalam video memperkuat klaim tersebut dengan mengacu pada dua jurnal tentang vaksinasi hidung yang diunggah dalam situs ScienceDirect.com.
Kedua jurnal tersebut berjudul “Nanoparticles for nasal vaccination” dan “The construction of in vitro nasal cavity-mimic M-cell model, design of M cell-targeting nanoparticles and evaluation of mucosal vaccination by nasal administration.”
Di video itu, sang pembicara menekankan bahwa jurnal-jurnal itu dapat menjadi acuan untuk tidak melakukan tes PCR COVID-19.
Video
Kabar tersebut dipastikan tidak benar. Hal ini seperti dilansir Reuters bahwa vaksinasi hidung memang benar ada namun kedua jurnal yang dimaksud dalam video itu bukanlah bukti bahwa tes swab COVID-19 dapat meyebarkan virus corona.
ADVERTISEMENT
Pembicara dalam video hanya menghubung-hubungkan vaksinasi hidung dengan tes swab COVID-19. Alat usap pada tes swab untuk COVID-19 dilakukan dengan cotton bud panjang yang terbuat dari kapas sehingga tidak berbahaya.
Penggunaan cotton bud panjang sebagai alat usap untuk tes swab juga sudah dilakukan di berbagai belahan dunia. Lembaga Food and Drug Administration (FDA) AS juga telah menyediakan rincian online terkait hal tersebut dalam situs resminya.
Maka, klaim bahwa tes swab dapat menyebarkan virus corona yang menyebabkan COVID-19 adalah hoaks.