HoaxbusterVaksin Corona Moderna Mengandung SM-102

Hoaxbuster: Vaksin Corona Moderna Mengandung SM-102 yang Diklaim Berbahaya

27 Mei 2021 12:00
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Beredar sebuah video yang berisi klaim vaksin corona Moderna mengandung SM-102, bahan yang disebut tidak cocok untuk digunakan manusia dan menyebabkan kanker.
ADVERTISEMENT
Klaim itu telah beredar di TikTok sejak 14 Mei 2021. Dalam video itu, sebuah akun memperlihatkan bahan berupa SM-102. Ia kemudian mengakses situs penyuplai bahan tersebut untuk membeberkan bahayanya.
Hoaxbuster: Vaksin Corona Moderna Mengandung SM-102 yang Diklaim Berbahaya (48092)
searchPerbesar
Hoaxbuster: Vaksin Corona Moderna Mengandung SM-102 yang Diklaim Berbahaya. Foto: AFP
Akun itu mengambil informasi soal SM-102 dari situs perusahaan bioteknologi di Michigan, Amerika Serikat, Cayman Chemical. Dalam situs itu, ia menemukan peringatan yang tertera dalam dokumen SM-102. Salah satunya adalah bahan tersebut bisa menyebabkan kanker.

Cek Fakta

Cayman Chemical menegaskan informasi yang diunggah oleh akun tersebut tidak benar atau salah. Pada 19 Mei 2021, perusahaan itu mengatakan SM-102 merupakan salah satu produk yang hanya digunakan untuk penelitian.
“Baik Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH), Registry of Toxic Effects of Chemical Substances (RTECS), atau European Chemicals Agency (ECHA) Classification and Labelling Inventory tidak mencantumkan bahaya yang terkait dengan SM-102," tulis perusahaan tersebut dikutip dari AFP, Kamis (27/5).
ADVERTISEMENT
SM-102 merupakan lipid, molekul alami, yang membantu melindungi molekul mRNA, yang digunakan dalam teknologi pembuatan vaksin.

Kesimpulan

Jadi, klaim kandungan SM-102 yang membahayakan manusia merupakan hoaks.