Hoaxbuster video anak di Malaysia pingsan karena vaksin

Hoaxbuster: Video Anak di Malaysia Pingsan karena Efek Samping Vaksin

7 Oktober 2021 9:45
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Hoaxbuster: Video Anak di Malaysia Pingsan karena Efek Samping Vaksin (26860)
zoom-in-whitePerbesar
Hoaxbuster video anak di Malaysia pingsan karena efek samping vaksin. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
Beredar video seorang anak pingsan usai divaksin corona di Malaysia. Dalam unggahan itu disebut, anak tersebut disebut mengalami efek samping vaksin.
ADVERTISEMENT
Dalam video itu, tampak seorang anak laki-laki lemas. Ia dibantu oleh sejumlah orang dewasa untuk menegakkan badannya.
“Laporan keluar dari S.E.A. (Malaysia) bahwa anak berusia 12 tahun ini mengalami reaksi buruk terhadap vaksin," tulis keterangan dalam video tersebut.

Cek Fakta

Dikutip dari situs checkyourfact.com, berdasarkan pemberitaan dari media lokal Malaysia KiniTV, bocah tersebut pingsan karena gugup, kurang tidur, dan belum sarapan saat akan divaksin.
Ketua Komite Kesehatan dan Anti Narkoba Negara Bagian Melaka, Datuk Rahmad Mariman, mengatakan anak tersebut pingsan di luar lokasi vaksinasi, sebagaimana dilaporkan News Straits Times.
Kemenkes Malaysia menegaskan bocah itu pingsan bukan karena vaksin corona. Anak itu tampak sehat saat screening. Dalam masa observasi usai disuntik vaksin selama 30 menit, kondisinya stabil hingga akhirnya diizinkan untuk pulang.
ADVERTISEMENT

Kesimpulan

Jadi, video yang menyebutkan bocah 12 tahun di Malaysia pingsan karena efek samping vaksin COVID-19 merupakan salah konteks alias hoaks.