Hoaxbuster
14 Juni 2021 9:56
·
waktu baca 1 menit

Hoaxbuster: Viral Foto Kerumunan Warga Antre Vaksinasi Corona di China

Beredar luas sejumlah foto dengan klaim kerumunan warga antre dalam vaksinasi di Kota Naning, China bagian selatan. Dalam foto itu, terlihat orang berdesakan hingga menimbulkan kerumunan. Mereka tampak tidak menjaga jarak.
ADVERTISEMENT
Orang-orang datang untuk vaksinasi di Nanning, Guangxi. Jika ada satu yang dinyatakan positif di antara mereka, semuanya akan dikarantina," tulis pengunggah dokumen tersebut.
Hoaxbuster: Viral Foto Kerumunan Warga Antre Vaksinasi Corona di China (124411)
searchPerbesar
Hoaxbuster: Viral Foto Kerumunan Warga Penerima Vaksin Corona di China Foto: kumparan

Cek Fakta

Dikutip dari AFP, unggahan itu beredar setelah adanya kasus corona di Nanning, Ibu Kota Guangxi, China. Dalam penelusurannya, foto itu tidak diambil di Nanning.
AFP menuliskan lokasi unggahan itu berada di Guangzhou, kota yang berjarak 500 kilometer dari Nanning. Hal itu didapatkan dengan mencocokkan rambu pada unggahan itu.
Sementara itu, unggahan tersebut bukan kerumunan karena antrean vaksinasi corona. Warga tersebut tengah menunggu tes untuk mendeteksi corona.

Kesimpulan

Jadi, foto dengan narasi kerumunan di Nanning akibat antrean vaksin corona merupakan hoaks. Sebab, lokasi pengambilan foto itu ada di Guangzhou dan antrean tes corona.
ADVERTISEMENT