News
·
4 Mei 2021 10:53

Hoaxbuster: Viral Foto Pemakaman Anak yang Bunuh Diri di Hari Ulang Tahun Ibunya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hoaxbuster: Viral Foto Pemakaman Anak yang Bunuh Diri di Hari Ulang Tahun Ibunya (75668)
Hoaxbuster: Viral Foto Pemakaman Anak Bunuh Diri di Afrika. Foto: Instagram/@athread_id
Beredar sebuah foto dengan narasi pemakaman seorang anak di Afrika yang bunuh diri. Foto itu beredar luas di Instagram hingga menjadi trending.
ADVERTISEMENT
Unggahan itu memperlihatkan peti berwarna putih. Kemudian, di kolom caption, tertulis foto itu merupakan proses pemakaman bocah berusia 11 tahun yang bunuh diri di hari ulang tahun ibunya.
Anak itu melakukan hal itu karena menjadi beban. Sebab ayahnya meninggalkan ibunya karena kelahirannya. Bahkan, ia merasa tidak dicintai oleh ibunya. Untuk itu, ia mengakhiri hidupnya.
Berdasarkan penelusuran Antara, foto tersebut bukanlah prosesi pemakaman anak 11 tahun yang bunuh diri. Melainkan, pemakaman seorang jaksa Nsama Nsama yang menjadi korban salah tembak di Zambia.
Nsama tertembak saat polisi tengah membubarkan massa UPND Hakainde Hichilma di Markas Polisi Zambia pada 23 Desember 2020. Kemudian, Nsama dimakamankan di Memorial Park, Lusaka, Zambia.
ADVERTISEMENT
Jadi, foto peti putih dengan narasi pemakaman bocah berusia 11 tahun yang bunuh diri di hari ulang tahun ibunya merupakan hoaks.