kumparan
31 Oktober 2019 17:35

Idham Aziz Akan Dilantik Jokowi Jumat 1 November

PTRSidang Paripurna penetapan Kapolri, Komjen Pol Idham Azis
Calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis (tengah) melambaikan tangan usai Sidang Paripurna dengan agenda penetapan Kapolri di Kompleks Parlemen, Jakarta. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
DPR telah mengesahkan Komjen Idham Azis menjadi Kapolri pengganti Jenderal Tito Karnavian. Setelah disahkan, Idham akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (1/11) di Istana Merdeka.
ADVERTISEMENT
"Kalau tidak ada aral melintang, besok (Jumat) saya kemungkinan besar akan dilantik oleh Bapak Presiden," kata Idham setelah rapat paripurna pengesahan di Gedung DPR, Senayan, Kamis (31/10).
Setelah dilantik, Idham menuturkan akan langsung menunjuk Kabareskrim penggantinya untuk melanjutkan tugas, mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan.
"Dan sesaat nanti setelah itu saya akan menunjuk Kabareskrim yang baru untuk segera mempercepat pengungkapan kasus Novel Baswedan," tuturnya.
Calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis
Calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis (depan) hadiri Sidang Paripurna dengan agenda penetapan Kapolri di Kompleks Parlemen. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Idham berjanji akan mengabdi bagi institusi Polri dan negara dengan sebaik mungkin.
"Sidang paripurna DPR menetapkan dan memutuskan saya menjadi kepala kepolisian negara Republik Indonesia yang akan menggantikan bapak Jenderal Tito Karnavian. Secara pribadi saya mensyukuri ini adalah bagian dari mukjizat Allah terhadap diri saya," ucap dia.
ADVERTISEMENT
"Saya berjanji untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi institusi Polri, masyarakat, negara, dan bangsa," tutup Idham.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan