kumparan
News23 Mei 2020 13:18

Imam Besar Istiqlal: Sebelum Wudu, Cuci Tangan Dulu Pakai Sabun Biar Bersih

Konten Redaksi kumparan
PTR- Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Foto: Dok. BNPB
Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, menyarankan kepada umat Islam, sebelum wudu, hendaklah membasuh tangan terlebih dahulu dengan sabun.
ADVERTISEMENT
Tujuannya adalah agar kuman mati dan berwudu bisa dilakukan dengan aman. Hal itu juga dilakukan untuk menghindari penularan virus corona.
"Jangan pernah lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir minimum 20 detik," ujar Nasaruddin, saat konferensi pers di Graha BNPB, Sabtu (23/5).
"Bagi kita yang beragama Islam, lima kali minimum kita harus manfaatkan menjelang kegiatan berwudu itu kasih sabun dulu supaya kumannya mati, baru habis itu, kita berwudu normal," lanjut Nasaruddin.
Lebih lanjut Nasaruddin juga mengimbau kepada umat selalu memakai masker di tempat umum.
"Jaga jarak aman, satu sampai dua meter, mampir salat di satu tempat coba jangan terlalu berdekatan dengan yang lain, kita tidak tahu tetangga kita itu kan, kita di rumah belajar bekerja beribadah di rumah," kata dia.
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Foto: Dok. BNPB
Nasaruddin juga meminta masyarakat jangan mudik ke kampung halamannya. Dikhawatirkan arus mudik ini memperluas penyebaran virus corona dan menjadi beban moral orang tua karena anaknya dianggap membawa virus. "Kemudian lebih baik kita tidak mudik. kalau kita mudik sekarang kasihan memberikan beban moral kepada orang tua kita. Banyak pengalaman di kampung akhirnya orang tuanya dikucilkan tamunya itu dari Jakarta, misalnya kan. Ini gara-gara tetangga kita dari kota ini. Kita waswas ini. Jadi kita kembali ke kota pun, orang tua kita masih dikucilkan itu," pungkas Nasaruddin. ***
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona