kumparan
search-gray
News8 Juli 2020 19:05

Indonesia-Malaysia-Thailand Sepakat Kerja Sama Pulihkan Dampak Ekonomi

Konten Redaksi kumparan
Indonesia-Malaysia-Thailand Sepakat Kerja Sama Pulihkan Dampak Ekonomi (138098)
Plt. Sekjen Kemnaker, Budi Hartawan. Foto: Kemnaker
Tiga negara ASEAN yang tergabung dalam Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT) berkomitmen untuk bekerja sama menghadapi dampak COVID-19. Salah satunya adalah dengan memulihkan ekonomi dan mengedepankan protokol kesehatan.
ADVERTISEMENT
"Dibutuhkan kolaborasi strategis antar-negara tetangga, kehususnya dalam rangka kerja sama IMT-GT yang berfokus pada pemulihan ekonomi sub-regional di wilayah perbatasan Indonesia, Malaysia, Thailand," kata Plt Sekjen Kemnaker Budi Hartawan dalam konferensi 'Managing the Impact of COVID-19 on IMT-GT Working Group on Human Resources Development, Education, and Culture Cooperation' secara daring, Rabu (8/7).
Indonesia-Malaysia-Thailand Sepakat Kerja Sama Pulihkan Dampak Ekonomi (138099)
Plt. Sekjen Kemnaker, Budi Hartawan. Foto: Kemnaker
Budi menyebut, berdasarkan data Asian Development Bank (ADB), selama pandemi COVID-19, pertumbuhan ekonomi ASEAN turun dari 4,7 persen menjadi 1 persen di kuartal pertama 2020. Berdasarkan laporan ILO, banyak pekerja di ASEAN yang kehilangan pendapatan sama sekali.
"Bahkan kehilangan tunjangan dan perlindungan sosial terkait pekerjaan, dan kerap kali resiko tersebut lebih tinggi pada pekerja migran perempuan, " tuturnya.
ADVERTISEMENT
Pandemi ini juga menyebabkan rantai pasok global terhambat dan hasil produksi menurun. Sehingga, banyak usaha yang terganggu dan banyak masyarakat yang menurun pendapatannya, baik di sektor formal maupun informal.
"Tapi, saat transisi new normal ini, semua stakeholder didorong beradaptasi cepat untuk memanfaatkan peluang tersebut melalui identifikasi pekerjaan masa depan, dengan memperkuat keberadaan UMKM dari segi finansial, SDM dan pemasarannya melalui teknologi digital, " ucap Budi.
Sementara itu, Karo Kerja Sama Luar Negeri (KLN) Kemnaker Indah Anggoro Putri menambahkan, pertemuan ini menghasilkan rekomendasi kolaborasi antar-tiga negara. Rekomendasi tersebut akan disesuaikan dengan implementasi blueprint IMT-GT tahun 2017-2021.
"Termasuk penguatan peran Pemerintah Daerah, khususnya 10 Provinsi di Sumatera, dalam hal peningkatan keterampilan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, dengan pelibatan aktif mitra WG HRDEC, yaitu Joint Business Council (JBC) dan University Network (UNINET)," ucap Indah.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white