kumparan
12 Juni 2019 17:26

Iwan, Eks Tentara yang Dipercaya Kivlan Jadi Kepala Eksekutor 5 Tokoh

Suasana di rumah jalan proklamasi nomor 36, pangkalan tersangka Hadi Kurniawan alias Iwan
Suasana di rumah Jalan Proklamasi nomor 36, tempat yang disebut menjadi pangkalan tersangka Hadi Kurniawan alias Iwan. Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Polri sudah menangkap enam tersangka kasus kepemilikan senjata ilegal dan rencana pembunuhan dalam kerusuhan 22 Mei. Salah satunya, Hadi Kurniawan (HK) alias Iwan yang ditugaskan membunuh 5 tokoh nasional.
ADVERTISEMENT
Saat konferensi pers, Selasa (11/6), Polri menampilkan pengakuan Iwan, dalam sebuah video. Iwan mengaku diinstruksikan oleh Kivlan Zen untuk membunuh Wiranto, Budi Gunawan, Gories Mere, Luhut Binsar Panjaitan, dan Yunarto Wijaya.
kumparan mengkonfirmasi identitas Iwan sehingga dipercaya memimpin pembunuhan. Dari penjelasan Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Asep Adisaputra, Iwan merupakan eks anggota TNI.
“Ya di antara itu,” kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (12/6).
Video
Asep enggan mengungkapkan lebih dalam identitas HK. Meski begitu, Asep menyebut di antara aktor perencanaan pembunuh terdapat eks tentara dan sipil.
“Kemarin sudah dijelaskan, memang ada eks tentara dan ada yang sipil,” ujar Asep.
Polri sudah menangkap enam tersangka kasus kepemilikan senjata ilegal dan rencana pembunuhan dalam kerusuhan 22 Mei. Mereka adalah HK, AZ, IR, TJ, AD, AF.
ADVERTISEMENT
Iwan mengaku diinstruksikan oleh Kivlan untuk membunuh Wiranto dkk.
"Saya diamankan polisi pada tanggal 21 Mei pukul 13.00, terkait ujaran kebencian, kepemilikan senpi (senjata api), dan ada kaitannya dengan senior saya, jenderal saya, yang saya hormati dan saya banggakan Pak Mayjen Kivlan Zen," kata Iwan dalam video saat jumpa pers di Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (11/6).
Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Asep Adisaputra
Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Asep Adisaputra. Foto: Mirsan Simamora/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan