kumparan
13 Februari 2020 10:48

Jadwal Kereta Bogor dan Bekasi Baru Berubah Kamis Malam, Penumpang Bingung

PTL. Perawatan rel di Stasiun KA Jakarta Kota
Sejumlah petugas melakukan perawatan rel di Stasiun KA Jakarta Kota, Jakarta. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Perubahan jadwal kereta rel listrik (KRL) akibat perbaikan wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota ternyata baru dimulai hari ini, Kamis (13/2) malam. Informasi ini rupanya belum banyak diketahui oleh penumpang.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, PT KCI menginformasikan perubahan 45 jadwal kereta relasi Bogor-Jakarta Kota dan Cikarang-Jakarta Kota. Perubahan dimulai 13-23 Februari 2020. Dengan perubahan ini, kereta hanya sampai Stasiun Manggarai.
"Perubahan jadwal baru nanti malam," kata seorang petugas Stasiun Manggarai yang enggan disebutkan namanya, Kamis (13/2).
PTK. Imbauan pemberlakuan perubahan jadwal KRL
Imbauan pemberlakuan perubahan jadwal KRL mulai Kamis (13/2) malam. Foto: Instagram/@commuterline
Informasi ini tak banyak diketahui oleh penumpang KRL. Hasilnya, banyak penumpang yang turun di Staisun Manggarai dan meneruskan perjalanan dengan transportasi lain.
Sebagian penumpang baik relasi Bogor atau Bekasi yang hendak ke Jakarta Kota memutuskan berhenti di Stasiun Manggarai, lalu melanjutkan dengan moda transportasi ojol atau TransJakarta.
Suasana Stasiun Manggarai
Para penumpang KRL menunggu kereta di Stasiun Manggarai. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Murni, misalnya, mengaku turun di Manggarai karena mengira hari ini keretanya tak sampai ke tujuannya yaitu Stasiun Cikini.
“Saya naik ojol. Keretanya cuma sampai Manggarai kan,” ungkap Murni kepada kumparan, Kamis (13/2).
ADVERTISEMENT
Sama dengan Murni, penumpang lainnya bernama Bambang juga masih mengira kereta tidak akan sampai Stasiun Gondangdia yang jadi tujuannya. Ia pun sudah terlanjur keluar stasiun, sehingga memutuskan melanjutkan perjalanan dengan ojek online.
Penumpang KRL di Stasiun Manggarai
Para penumpang KRL melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek online, dari Stasiun Manggarai, Kamis (13/2). Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
“Ya sekarang saya nyambung pakai ojol. Biasanya kan kereta aja langsung ke Gondangdia,” kata Bambang.
Terkait masih banyak penumpang yang salah sangka soal perubahan jadwal KRL, pihak stasiun mengimbau masyarakat terus memantau informasi resmi dari PT KCI di media sosial.
“Memang dalam rilis sebelumnya itu disebutkan mulai tanggal 13 Februari. Tapi sebenarnya jam dimulainya itu nanti malam, sementara pagi ini masih normal,” terang seorang petugas jaga Stasiun Manggarai yang tak ingin disebutkan namanya itu.
PTR- Sosialisasi perubahan jadwal kereta Bogor dan Bekasi
Poster resmi KCI, memuat sosialisasi perubahan jadwal kereta Bogor dan Bekasi. Foto: Dok. KCI
PT KCI selaku pengelola KRL sebelumnya telah memohon maaf terkait hal ini. Perbaikan ini penting dilakukan guna menjamin keselamatan para pengguna setia KRL.
ADVERTISEMENT
"(Ada) Revitalisasi prasarana perkeretaapian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota selama sebelas hari yaitu pada 13-23 Februari 2020. PT KCI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul karena rekayasa pola operasi ini," kata jelas VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, dalam keterangan tertulis, Senin (10/2).
"Namun rekayasa pola operasi perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi kepadatan antrean KRL di lintas Stasiun Cikini–Stasiun Jakarta Kota selama pekerjaan berlangsung,” tambah dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan