kumparan
24 Desember 2019 16:08

Jalan Malioboro, Yogya, Bebas Kendaraan saat Malam Tahun Baru

Suasana di Jalan Malioboro, POTRAIT
Wisawatan berjalan di Jalan Malioboro. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Jalan Malioboro akan bebas kendaraan saat malam pergantian tahun. Pemberlakuan aturan tersebut dimulai pada tanggal 31 Desember sore.
ADVERTISEMENT
Masyarakat yang hendak menghabiskan malam tahun baru di Malioboro dan sekitarnya, diminta untuk memarkir kendaraan di kantong-kantong parkir di sekitar Malioboro.
Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini, menjelaskan penutupan Malioboro bagi kendaraan diberlakukan secara bertahap. Pada 31 Desember pukul 17.00 WIB jalan ditutup untuk roda empat. Kemudian pukul 19.00 WIB, semua jenis kendaraan tak boleh melintas.
“Di tanggal 31 Jalan Malioboro ini akan kami tutup. Kami tutup secara bertahap tanggal 31 jam 5 sore sudah kami tutup. Mungkin masih terbatas roda empat kami larang mungkin terbatas untuk roda empat jenis tertentu sama roda dua. Mulai jam 7 malam kita tutup total masuk Malioboro karena akan didatangi lautan manusia menunggu detik-detik tahun baru,” ujar Armaini di sela-sela pemantauan Pospam Nataru di Simpang Teteg Malioboro, Selasa (24/12).
KONTEN SPESIAL. BegPacker, Ilustrasi Jalanan Malioboro
Ilustrasi Jalanan Malioboro, Yogyakarta. Foto: Shutter Stock
Armaini menjelaskan, kepolisian sudah memetakan titik-titik yang akan menjadi pusat keramaian saat tahun baru. Selain Jalan Malioboro, lautan wisatawan diprediksi memadati Tugu Pal Putih, Jalan Mangkubumi, Titik Nol KM, Alun-alun Utara, Alun-alun Selatan, dan Mandala Krida.
ADVERTISEMENT
“Kami pastikan itu dari ujung Tugu (Pal Putih) sepanjang Jalan Mangkubumi masuk Malioboro ke Titik Nol kemudian Alun-alun Utara dipenuhi lautan manusia,” katanya.
“Kami imbau masyarakat yang hendak merayakan apa menunggu pergantian tahun baru di Malioboro jangan menggunakan kendaraan, lebih baik di-drop aja (di tempat parkir). Terus jalan kaki di sini,” ujarnya.
Armaini menyebut kantong-kantong parkir yang disiapkan bersama Pemkot Yogyakarta berada di GOR Amongrogo, ABA, Senopati, dan Ngabean.
“Nanti dari sana (Amongrogo) dilansir menggunakan Transjogja. Sudah ada kok di sana,” kata dia.
Masyarakat juga dapat mengakses Instagram Polresta Yogyakarta di @polrestajogja untuk mengetahui titik-titik rekayasa lalu lintas. Di situ, dijelaskan soal ruas mana yang diberlakukan rekayasa lalu lintas.
ADVERTISEMENT
“Di situ model rekayasa lalu lintas sudah kita tampilkan. Kami tampilkan juga rekayasa malam tahun baru,” katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan