kumparan
search-gray
News19 Juli 2018 13:24

Jelang Asian Para Games, Pemprov DKI Tambah Fasilitas bagi Disabilitas

Konten Redaksi kumparan
Sandiaga Uno tinjau venue untuk Asian Games
Sandiaga Uno di tiba di Jakarta International Equestrian Park, Jakarta Timur untuk meninjau venue equestrian untuk Asian Games 2018. (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)
Menjelang Asian Para Games yang digelar setelah Asian Games, Pemprov DKI memperbaiki sejumlah fasilitas publik agar ramah terhadap penyandang disabilitas. Salah satunya adalah fasilitas halte Transjakarta.
ADVERTISEMENT
"Kita review ada beberapa halte Transjakarta yang akan ramah terhadap disabilitas. Seperti nanti di depan Thamrin, di depan Bank Indonesia itu kita akan ubah. Mudah-mudahan bisa selesai sebelum Asian Para Games di mana akses itu adalah yang dimudahkan sekali," kata Sandi di Hotel Santika Premiere, Jakarta Barat, Kamis (19/7).
Menurut Sandi, halte TransJakarta BI akan menjadi pilot project pembangunan fasilitas ramah disabilitas dengan penambahan akses masuk halte yang ramah bagi kursi roda. Menurutnya, kursi roda akan langsung diberikan akses dari trotoar dan mendapatkan bantuan ram.
"Depan BI itu kalau dilihat halte Transjakarta itu sekarang akan memberikan akses dari pedestrian, dari tengah. Nanti akan kita coba juga di Sarinah dan beberapa halte lain," jelas dia.
ADVERTISEMENT
"Ini merupakan pilot project yang kita harapkan juga nanti mendukung pedestrianisasi dari Transjakarta sendiri, pedestrianisasi dari seluruh penataan koridor utama Sudirman-Thamrin. Tidak perlu naik ke atas ke atas JPO tapi mereka bisa mengakses langsung dari trotoar yang sudah mendapatkan bantuan ram," tuturnya.
Fasilitas Atlet Asian Para Games
Fasilitas atlet Asian Para Games. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Untuk mewujudkannya, Sandi mengatakan Pemprov DKI sudah menyediakan anggaran untuk membangun fasilitas tersebut.
"Anggarannya itu sudah tereksekusi dan kita akan teruskan, memastikan akses kepada teman-teman disabilitas. Kita ingin menganggarkan karena ini sudah ada UU-nya di tahun 2016," ujar Sandi.
Karena itu, Sandi memastikan Pemprov DKI akan siap memberikan akses yang berkeadilan bagi kaum disabilitas. Ia akan memastikan pembangunan fasilitas itu, akan selesai sebelum Asian Para Games dimulai.
"Kita sampaikan pesan yang sangat jelas bahwa Pemprov ingin memberikan akses yang setara dan akses yang berkeadilan untuk disabilitas. Kebetulan Asian Para Games ini akan hadir di Jakarta, 60 hari ke depan. Kita akan pastikan akses-akses yang akan dibangun oleh Pemprov itu bisa rampung sebelum Asian Para Games," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Asian Para Games 2018 digelar setelah selesainya Asian Games. Asian Para Games merupakan ajang olahraga bagi kaum disabilitas dari negara-negara di Asia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white