kumparan
News1 Juli 2018 12:15

Jelang Pendaftaran Pileg, Polri Siap Layani Caleg Buat SKCK

Konten Redaksi kumparan
Setyo usai tinjau GBK
Setyo usai tinjau GBK. (Foto: Fadjar Hadi/kumparan)
Pendaftaran calon anggota DPR dan DPRD ke KPU tinggal menghitung beberapa minggu ke depan. Untuk itu, Polri siap menyambut pelaksanaan pendaftaran peserta pilpres dan pileg, dengan memberikan kemudahan dalam mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
ADVERTISEMENT
"Sebelum tanggal 4 (Agustus) sudah masuk tahapan pileg dan pilpres. Kita juga sudah menyiapkan diri para calon legislatif, Polri menyiapkan melayani membuat SKCK," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (1/7).
Pendaftaran bakal calon anggota DPR dan DPRD itu digelar pada 4-17 Juli 2018, sementara penetapan calon tanggal 20 September 2018. Namun, Setyo belum menjelaskan rinci nantinya sejauh mana kemudahan didapatkan oleh para caleg tersebut.
Selain itu, setelah pelaksanaan pendaftaran calon di KPU, polisi memiliki tugas besar untuk mengamankan pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games. Setyo mengungkapkan, polisi telah menyiapkan sejumlah skenario agar pelaksanaan Asian Games berjalan tertib dan lancar. Salah satu upayanya adalah perluasan aturan ganjil-genap yang akan segera diuji coba.
ADVERTISEMENT
"Pergerakan atlet di kampung atlet di Kemayoran, ke venue-venue di Jakarta itu harus lancar. Ini akan kita latih dan akan kita simulasikan terus sehingga semuanya nanti bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan," tutur dia.
Selama Asian Games nanti, Polri akan menyiagakan kurang lebih 170.000 personel di empat wilayah yang akan menjadi lokasi pertandingan Asian Games. Keempat wilayah tersebut yakni Jakarta, Palembang, serta beberapa venue yang terletak di Jawa Barat dan Banten.
"Ini kita harapkan partisipasi masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman dan damai kita bisa terlaksana dengan baik," tutup Setyo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan