kumparan
24 April 2019 23:32

Jemaah Haji Indonesia Termuda Berusia 17 Tahun, Tertua 105 Tahun

Pembekalan Terintegrasi, Petugas Haji 2019
Direktur Bina Haji, Khoirizi H. Dasir saat memberikan arahan kepada petugas haji 2019. Foto: Dok. Media Center Haji 2019
Pelaksanaan ibadah haji tahun ini diikuti oleh seluruh warga Indonesia dari semua kalangan dan usia. Jemaah muda hingga yang berusia lebih dari satu abad akan mengikuti proses ibadah haji 2019.
ADVERTISEMENT
Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nizar, jemaah haji termuda tahun ini berasal dari Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Usianya 17 tahun, perempuan bernama Putri.
"Aturannya 18 tahun, tapi dia sudah menikah. Jika sudah menikah boleh," kata Nizar dalam acara pembekalan untuk jemaah haji yang diikuti kumparan di Asrama Haji, Pondok Gede, Rabu (24/4).
Inspeksi Petugas Haji di Asrama Haji
Inspeksi, Petugas Haji Foto: Dok. Media Center Haji 2019
Sedangkan jemaah tertua adalah perempuan bernama Rahma Alhasin berusia 105 tahun. Rahma adalah jemaah haji asal Kabupaten Fak Fak, Papua Barat.
Menurut Nizar, biasanya Saudi akan memberikan keistimewaan terhadap jemaah haji tertua asal Indonesia. Hal ini pernah terjadi pada 2012 silam.
"Pada 2012, jemaah haji tertua dapat pelayanan istimewa dari Saudi. Mulai dari penjemputan, di Muzdalifah, Mina, mendapatkan pelayanan khusus," kata Nizar.
ADVERTISEMENT
Jumlah jemaah haji tahun ini adalah 231 ribu orang, termasuk penambahan kuota 10 ribu yang baru saja diberikan oleh Arab Saudi untuk Indonesia.
Inspeksi Petugas Haji di Asrama Haji
Inspeksi, Petugas Haji Foto: Dok. Media Center Haji 2019
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan