kumparan
24 Juli 2018 16:19

JK: Gugatan ke MK Sudah Dibicarakan dengan Jokowi, Bukan Sendirian

Lipsus, mencari wapres, capres jokowi, joko widodo, jusuf kalla, JK
Calon presiden Indonesia Joko Widodo (kiri) memperkenalkan pasangannya, Jusuf Kalla dalam deklarasi di Gedung Joang 45, Jakarta pada 19 Mei 2014. (Foto: AFP PHOTO / Adek Berry)
Wapres Jusuf Kalla enggan disudutkan sendirian karena menjadi pihak terkait dalam gugatan uji materi soal syarat pencalonan sebagai cawapres atau cawapres di 2019. JK menekankan seluruh langkahnya dalam gugatan uji materi sudah dibicarakan dengan Presiden Joko Widodo.
ADVERTISEMENT
"Tentu hal ini saya bicarakan dengan Pak Jokowi sebagaimana sudah disampaikan juru bicara. Itu bukan sendirian, saya bicarakan hal tersebut, baru saya ikut serta. Jadi bukan saya sendiri," ujar JK di kantor Wapres, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (24/7).
Tak hanya itu, JK menjelaskan ia kembali terlibat dalam gugatan uji materi ini karena sudah ada pembicaraan awal dengan Jokowi soal keberlanjutan program di 2019. Hal ini, lanjut JK, menjadi salah satu alasan baginya kembali ikut menjadi pihak terkait dalam gugatan MK.
"Begitu juga sebelumnya ada pembicaraan awal untuk gimana, pertanyaannya gimana kelanjutan pemerintah ini untuk lebih berhasil," kata mantan Ketum Golkar ini.
Selain Jokowi, JK tak menampik ada pihak-pihak lain yang mendorongnya untuk maju pilpres. Ia menekankan sebenarnya sudah tak berambisi maju pilpres.
ADVERTISEMENT
"Kalau ambisi saya sih ingin istirahat. Tapi semua orang punya ambisi yang lebih baik lagi demi bangsa dan negara," tuturnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan